Selasa, 19 Juni 2018 |
Kesehatan & Olahraga

10 Tanda Kamu Mengalami Gangguan Mental Meski Dirimu Tampak Baik-Baik Saja

Rabu, 20 Juni 2018 07:23:17 wib
Kenali gejalanya sebelum terlambat./Copyright pixabay.com/jeffjuit

JAMBIDAILY KESEHATAN - Siapa saja bisa mengalami gangguan mental. Bahkan seseorang yang mengalami gangguan atau masalah kesehatan mental bisa saja tampak baik-baik saja. Dari luar masih bisa tersenyum dan berinteraksi seperti biasa, tapi begitu sedang sendirian bisa merasakan kecemasan dan perasaan putus asa sampai rasanya ingin segera mengakhiri hidup.

Dikuitip dari nami.org, Mary Giliberti sebagai direktur eksekutif National Alliance on Mental Illness (NAMI) memaparkan bahwa 1 dari 5 remaja mengidap kondisi gangguan mental. Tapi hanya kurang dari setengahnya yang memutuskan cari bantuan. Sedihnya lagi, 4.000 remaja tewas karena bunuh diri setiap tahunnya. "Komunitas keagamaan dan organisasi lain yang memfasilitasi kelompok anak-anak muda punya posisi strategis untuk membuka percakapan para remaja," paparnya lagi. 

Secara umum ada 10 gejala seseorang mengidap gangguan mental. Kalau kamu mengidap salah satu atau sebagian dari tanda-tanda ini, sebaiknya segera cari bantuan ya ladies.

1. Merasa sedih dan tak punya harapan
Kalau kamu merasakan perasaan sedih, tak punya harapan, dan cenderung mengucilkan diri selama lebih dari dua minggu, waspadai kalau sebenarnya kesehatan mentalmu sedang bermasalah.

2. Muncul niat mengakhiri hidup
Tanda ini juga harus diwaspadai. Kalau kamu punya keinginan atau niatan untuk bunuh diri atau mengakhiri hidup, bisa jadi saat ini kamu mengalami gangguan mental.

3. Tak bisa mengendalikan diri
Kamu jadi susah diatur dan suka melakukan berbagai tindakan yang berisiko.

4. Takut tanpa alasan
Sering merasa tiba-tiba takut tanpa alasan yang pasti? Sering sesak napas atau jantung yang tiba berdetak lebih cepat? Mungkin penyebabnya adalah kondisi mentalmu yang sedang tidak stabil.

5. Perubahan pola makan ekstrem
Tidak makan atau lebih sering memuntahkan makanan atau mengonsumsi pencahar untuk menurunkan berat badan bisa jadi tanda gangguan mental. Berat badan yang naik atau turun secara ekstrem juga bisa jadi salah satunya gejalanya.

6. Mood swings
Suasana hatimu susah ditebak. Kadang bisa mendadak bahagia, mendadak sedih, gampang tersinggung, dan marah-marah nggak jelas.

7. Menyalahgunakan narkoba dan minum minuman beralkohol
Hati-hati bila kamu mulai coba-coba narkoba atau melampiaskan emosi dengan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Bisa jadi kesehatan mentalmu sedang bermasalah.

8. Perubahan perilaku yang esktrem
Pola tidur berubah (seperti insomnia atau bahkan susah sekali untuk bangun tidur setiap pagi) dan perubahan kepribadian juga bisa jadi gejala mentalmu sedang terganggu.

9. Susah konsentrasi
Makin susah konsentrasi bisa jadi tanda kesehatan mentalmu terganggu. Apalagi kalau kamu selalu kesulitan untuk tenang, biasanya ini jadi gejala paling umum kalau mentalmu sedang bermasalah.

10. Takut melakukan aktivitas sosial
Sekadar jalan-jalan atau bertemu teman membuatmu takut. Pergi ke kelas atau bertemu orang banyak membuatmu cemas berlebihan. Jika hal ini terjadi dalam kadar ekstrem, bisa jadi kamu sedang mengalami gangguan mental.

Kalau kamu sering merasakan sebagian besar tanda dan gejala itu, jangan ragu untuk segera mencari bantuan ya. Jangan sampai terlambat dan membuatmu kehilangan harapan hidup.

 


(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top