Minggu, 23 September 2018 |
Nasional

18 Kloter Jemaah Haji Bakal Mendarat di Madinah Hari Ini

Senin, 31 Juli 2017 14:26:08 wib
Jemaah Haji Kloter Pertama tiba di Madinah/Photo: VIVA.co.id

JAMBIDAILY NASIONAL-Seksi Layanan Kedatangan dan Pemulangan Panitia Pelaksana Haji Indonesia daerah kerja Madinah merilis, ada 18 kloter yang dijadwalkan akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, sejak dini hari dan sore hari ini, Senin, 31 Juli 2017.

Mereka berasal dari sembilan embarkasi. Sejak pagi akan tiba jemaah kloter dua Embarkasi Balikpapan, kloter satu dari embarkasi Batam, kloter tujuh sampai sepuluh embarkasi Jakarta-Bekasi, kloter sembilan sampai sebelas embarkasi Solo, kloter delapan sampai sebelas embarkasi Surabaya, kloter empat dan lima embarkasi Makassar kloter empat Embarkasi Medan.
 
Kemudian dijadwalkan juga yang akan mendarat adalah kloter tiga embarkasi Padang dan kloter enam embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

Hingga Minggu malam, sudah 14.053 jemaah haji yang saat ini terkonsentrasi di Madinah. Mereka berasal dari 35 kloter yang tergabung dalam gelombang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Arsyad Hidayat, mengimbau agar jemaah tidak membawa barang dalam jumlah berlebihan. Barang tersebut misalnya, berupa jamu dan obat.

Menurutnya, obat, makanan atau barang apapun dalam jumlah yang berlebihan tentu akan memancing kecurigaan petugas imigrasi. Bila ini terjadi, maka proses jemaah di bagian imigrasi akan berlangsung lama.

Pihak Saudi memberlakukan aturan yang sangat ketat dalam pengawasan barang-barang bawaan, apalagi jika terkait dengan obat-obatan. "Di sini ada semacam lembaga yang mengawasi masuknya obat dan makanan ke Arab Saudi," kata Arsyad.

Arsyad berharap hal seperti itu tidak terjadi lagi karena sangat mengganggu. Sebab, saat semua jemaah sudah keluar melalui pintu terminal haji, petugas PPIH justru masih tertahan sehingga proses berikutnya menjadi terhambat. (mus)/viva.co.id

KOMENTAR DISQUS :

Top