Sabtu, 18 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

2 Gelas Sehari Jus Jeruk Tingkatkan Kekuatan Otak Lansia

Senin, 18 Mei 2015 00:25:45 wib

JAMBIDAILY KESEHATAN-Saat usia mula lanjut, banyak orang mengalami masalah pikun. Namun, dengan cara yang satu ini, para lansia bisa meningkatkan kekuatan otaknya termasuk meningkatkan daya ingat.

Ya, hnya dengan mengonsumsi jus jeruk secara rutin, perbaikan yang signifikan pada otak dapat dilihat dalam waktu kurang dari dua bulan.

Seperti dilansir laman Daily Mail, ini merupakan sebuah hasi penelitian  yang telah diuji.

Para ilmuwan menempatkan hasil ke bahan kimia yang disebut flavonoid-- zat alami yang terjadi pada tingkat tinggi dalam jeruk.

Minum jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kekuatan otak juga meninngkatkan memori pada orang tua.

Penelitian ini telah diuji lewat peserta dalam tes konsumsi jus jeruk. Mereka yang dilibatkan adalah 24 wanita dan 13 pria berusia 60-81  tahun yang diteliti untuk dilihat sejauhmana perbaikan yang signifikan dalam fungsi otak setelah minum hampir setengah liter jus setiap hari selama delapan minggu.

Flavonoid dikatakan sangat bermanfaat untuk meningkatkan memori melalui aktivasi jalur sinyal dalam hippocampus, bagian dari otak yang berhubungan dengan belajar dan menyimpan informasi.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Reading meminta 37 sukarelawan sehat mengonsumsi 500 ml atau sekitar dua gelas, atau hampir setengah liter jus jeruk setiap hari selama delapan minggu.

Memori, waktu reaksi dan kefasihan lisan para peserta tes pun diukur pada awal dan akhir percobaan, dan masing-masing peserta diberi skor keseluruhan.

Hasil penelitian pun didapat dengan adanya tanda mereka mampu meningkatkan memori sebesar 8 persen. Hasil ini bisa dirasakan dalam waktu kurang dari dua bulan.

Para peneliti mengatakan mereka tidak selalu merekomendasikan para lansia untuk minum satu liter  jus jeruk setiap hari. Namun, tak ada salahnya menggabungkan jus jeruk dengan makanan sehat lainnya setiap hari. Sebab, ini merupakan  cara yang murah dan mudah untuk meningkatkan kesehatan otak.

Penulis studi psikolog Dr Daniel Lamport, dari sekolah Reading, "Populasi adalah penuaan cepat di seluruh dunia. Diperkirakan bahwa jumlah orang yang berusia 60 atau lebih bisa tiga kali lipat pada tahun 2100."

"Untuk itu, penting rasanya meningkatkan fungsi kognitif di usia tua," lanjut Lamport/

Pelatih gizi juga mengungkapkan tentang alasan apa yang membuat sebuah jeruk bisa menjad makanan super.

Meskipun banyak buah dan sayuran, serta teh, kakao dan anggur merah yang diketahui mengandung flavonoid,  tapi, jeruk mengandung flavonoid dengan  tipe sangat bermanfaat disebut flavanon yang paling mudah diserap.

Studi sebelumnya juga telah menyoroti dampak potensial dari flavonoid, tapi ini adalah yang pertama untuk meneliti peran yang ditemukan dalam jeruk.

"Ini bukan hanya karena jus jeruk merupakan salah minuman yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Jus jeruk, juga merupakan sumber yang kaya flavanon," tulis Dr Lamport dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. "Selain itu, flavanon adalah salah satu flavonoid yang paling mudah diserap."

Hal ini memperkuat bukti-bukti bahwa bahan makanan kaya flavonoid bisa memainkan peran besar dalam menanggulangi penurunan kognisi pada usia tua.

Meski begitu, ahli gizi lainnya memperingatkan bahwa minum jus jeruk dalam jumlah besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena mengandung kadar gula yang tinggi.

Sian Porter, juru bicara British Dietetic Association, menambahkan, "Jus buah memang mengandung gula dan tidak bebas kalori. Jika Anda akan minum jus buah, coba  melakukannya pada waktu makan karena itu lebih baik untuk kesehatan Anda.(Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top