Selasa, 19 Desember 2017 |
Nasional

3 Tahun Pemerintahan, JK: Kita Negara Teraman

Jumat, 20 Oktober 2017 22:26:01 wib
Wapres Jusuf Kalla di Istanbul, Turki (Andhika Prasetya/detikcom)

JAMBIDAILY NASIONAL - Hari ini pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla genap berjalan tiga tahun. JK mengatakan semua menteri diharuskan membuat laporan pemerintahan.

"Semua menteri sudah diharuskan membuat laporan satu halaman. Kemudian nanti itu dirinci dan digabung. Saya kira bapak menko sudah menjelaskan apa yang dicapai, apa yang belum," ujar JK di sela kunjungan kerjanya di Istanbul, Turki, Jumat (20/10/2017).

Menurut JK, masih ada catatan selama tiga tahun pemerintahan ini, yaitu masalah perekonomian. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih di bawah 7 persen.

"Kalau yang belum dicapai pertumbuhan yang 7 persen kan karena efek masalah ekonomi global di dunia. Karena itu, tahun depan kita bekerja lebih keras lagi supaya tumbuh lebih baik lagi dan kami optimistis karena ekonomi dunia sudah lebih baik daripada sebelumnya," jelas JK.

Pemerintahan saat ini, kata JK, terus mengebut pembangunan infrastruktur, terutama di daerah pinggiran. Hal ini mengacu pada program Nawacita pemerintahan Jokowi-JK.

"Artinya ini kan pertengahan, ya infrastruktur tiap hari dibicarakan. Bantuan sosial kemanusiaan kami tingkatkan, pembangunan wilayah terluar dijalankan sehingga Nawacita pembangunan dari pinggiran semua berjalan," sebutnya.

Sedangkan untuk isu sosial dan politik, menurutnya, Indonesia adalah negara yang aman. Konflik horizontal dapat teratasi.

"Tentu kalau hal lain, seperti sosial-politik, saya kira negara termasuk negara teraman daripada di negara sekitar. Tidak ada soal, tidak ada konflik politik, konflik sosial, aman, ekonomi tumbuh menengah di atas 5 persen, infrastruktur berjalan. Sangat baik untuk ukuran dunia hari ini," ujar JK. 

 

(dkp/jbr)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top