Kamis, 21 Juni 2018 |
Hukum

3 Tips agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Sabtu, 09 Juni 2018 08:34:52 wib
Anak/copyright unsplash.com/@miracletwentyone

JAMBIDAILY TIPS, Hukum - Berita tentang kekerasan pada anak seringkali membuat kita merasa khawatir. Hal ini wajar, mengingat anak memiliki keterbatasan dalam menjaga dirinya sendiri. Berdasarkan laporan organisasi Buruh Internasional (ILO), para ahli menyebut sekitar 1,2 juta anak di seluruh dunia, diperkirakan menjadi korban kekerasan seksual dan eksploitasi tenaga kerja. Tentu hal ini bukanlah fakta yang boleh disepelekan.

Sebagai orangtua tentu kamu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk melindunginya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kasus tentang pelecehan seksual salah satunya. Orangtua dituntut untuk peka dan memahami apa yang terjadi pada anak agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Mom, pelecehan seksual terhadap anak juga tidak hanya sebatas pada perlakuan fisik saja. Tindakan tindakan yang tidak melibatkan kontak antara pelaku dan korban seperti memaksa anak menonton film porno, menunjukkan kelamin ke anak.

Untuk itulah, mom sebagai orangtua harus bisa melindungi anak dari bahaya pelecehan seksual pada anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memberi Pemahaman Tentang Pelecehan Seksual

Kenalkan anak pada alat seksual mereka. Berikan pengertian, bagian tubuh mana yang boleh dipegang oleh orang lain/asing. Pembicaraan seperti ini tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak-anak, agar mereka bisa dengan mudah mengerti apa yang anda maksudkan. Dengan begitu, anak-anak anda tersebut bisa jauh lebih berhati-hati.

2. Libatkan Diri Pada Pembicaraan Anak

Jangan terlalu sibuk, usahakan untuk terlibat dalam kehidupan anak-anak. Sebagai orangtua, tidak boleh terlalu mementingkan pekerjaan saja. Libatkan diri mom untuk proses perkembangan anak.

3. Jadilah Tempat Curhat Si Kecil

Jadilah sosok yang selalu dapat dipercaya oleh anak-anak. Biasakan mereka untuk selalu nyaman bercerita kepada mom. Berikan ruang bagi si kecil untuk menceritakan sesuatu yang sudah ia alami.

Mom, demikian 3 tips untuk menghindari pelecehan seksual pada anak. Jaga si kecil dari hal-hal yang membahayakannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top