Senin, 30 Maret 2020 |
Kesehatan & Olahraga

3 WNI Positif Terinfeksi, Patahkan Mitos Orang Indonesia Kebal Corona

Rabu, 19 Februari 2020 13:41:17 wib
Tiga WNI di kapal Diamond Princess positif virus corona. (Foto: ABC Australia)

JAMBIDAILY KESEHATAN - Berawal dari Indonesia yang belum mendeteksi kasus virus corona (COVID-19), muncul candaan di antara netizen bahwa orang Indonesia kebal terhadap penyakit ini. Candaan semakin populer seiring berjalannya waktu dan negara-negara tetangga melaporkan peningkatan kasus.

"Orang Indonesia udah kebal sama virus corona. Makanan jatuh ke lantai aja selama belum 5 menit diambil terus dimakan lagi," ujar salah satu pengguna Facebook.

Terkait hal tersebut belakangan dilaporkan ada tiga warga negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan ketiga WNI tersebut dirawat di rumah sakit.

"Tim KBRI mungkin saat ini sudah berada di Chiba pagi tadi mereka sedang menuju ke Chiba untuk memastikan bahwa WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang," tutur Retno pada hari Selasa (18/2/2020) lalu.

Selain 3 WNI di Jepang, sebetulnya ada juga satu WNI yang dirawat karena virus corona di Singapura. Kabar ini pertama kali muncul pada awal Februari lalu oleh Kementerian Kesehatan Singapura.

Total sudah ada 4 WNI yang terkonfirmasi positif virus corona di luar negeri. Ini artinya candaan bahwa orang indonesia kebal virus corona tidak terbukti.

"Pemerintah memastikan bahwa 3 WNI yang bertugas sebagai kru kapal pesiar Diamond Princess positif COVID-19. Dengan demikian, sampai saat ini belum ada bukti yang kuat bahwa virus ini cenderung menginfeksi ras atau etnis tertentu. Siapa saja bisa terinfeksi," ungkap vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, MSc, dari OMNI Hospitals Pulomas pada detikcom.

 

(fds/up)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top