Selasa, 19 Desember 2017 |
Pendidikan & Teknologi

30 Wartawan di Jambi Mendapatkan Penyuluhan dari Kantor Bahasa

Selasa, 21 November 2017 17:37:27 wib
Kepala Kantor Bahasa Jambi Syaiful Bahri Lubis,S.S/Photo: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kantor Bahasa Jambi adakan penyuluhan yang ditujukan kepada penggiat jurnalistik dari berbagai media massa, (Selasa, 21/11/17) di lantai 4 Hotel Cahaya Prima, yang terletak di kawasan Mayang Kota Jambi.

"Ketika dirilis bulan yang lalu selama Juli dan Agustus 2017, Jambi hanya mendapatkan nomor 30-an se Indonesia dalam penilaian terkait bahasa, namun kita tetap patut berbangga dan tentu kita harus meningkatkan kedepannya. Terkadang media sering mengunakan kata yang lebih praktis atau dikenal oleh Masyarakat misalnya Timeline padahal ada dalam bahasa Indonesia disebut linimasa," Ujar Kepala Kantor Bahasa Jambi Syaiful Bahri Lubis,S.S saat menyampaikan kata sambutan.

Penyuluhan yang berlangsung dari Pukul: 09.00 s.d 16.00 Wib tersebut menghadirkan narasumber Natal P Sitanggang dengan materi ejaan, bentuk dan pilihan kata dalam penulisan. Lalu Syarif Abdullah Kepala biro LKBN Antara Jambi dengan materi wartawan penjaga taman kata-kata.

Dalam pemaparannya, Natal P Sitanggang menyinggung terkait Ejaan, bentuk, pilihan kata, termasuk aturan penulisan dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya sampai disitu saja, kesalahan makna dalam kata menjadi penekanan penting pada karya jurnalistik.

Kemudian Syarif Abdullah ingatkan agar lebih berhati-hati dalam pemilihan kata-kata karena dapat berakibat pada peristiwa besar.

"Jangan tergiring emosional dan menggunakan kata berkonotasi, hasilnya kalimat hiperbola dan bombastis Seperti mendramatisasi bahkan melebih-lebihkan," Terang Syarif.

Sementara itu, Seusai penyuluhan Ketua Penyelenggara Muhammad Ikhsan,S.S berikan apresiasinya terhadap peserta yang hadir serta inginkan kritik dan saran
  
"kami mengucapkan terima kasih untuk kehadiran rekan-rekan media pada kegiatan ini, kritik saran agar pelaksanaan berikutnya dapat lebih baik tentu kami harapkan," Ungkap.

 

(Hendry Noesae) 

KOMENTAR DISQUS :

Top