Selasa, 19 Desember 2017 |
Pendidikan & Teknologi

352 Pelajar SMK 1 Tungkal Ikuti PSG ke Yogyakarta, Ini Penjelasan Kepsek

Rabu, 16 Maret 2016 09:22:34 wib
Ilustrasi (ft:smkn1tkl.sch.id)

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Sebanyak 351 pelajar SMK 1 Kuala Tungkal Kabupaten Tanjabbar Provinsi Jambi, mengikuti kegiatan pembekalan persiapan Praktek Sistim Ganda (PSG) ke Yogyakarata.

"Ya, 352 siswa-siswi kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016, dari enam jurusan, Pemasaran, Administrasi Perkantoran, Akutansi, Multimedia, dan Tata Boga, saat ini sedang mengikuti tahap pembekalan persiapan Praktek Sistim Ganda (PSG) ke Yogyakarta,"papar Kepala SMK Negeri 1 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Drs Mafendra, kepada jambidaily.com, Selasa 15 Maret 2016.

Menurut Mafendra, melalui PSG ini, para pelajar dapat mengenal langsung dunia usaha maupun perkantoran. Dan pelaksanaannya tahun 2016 ini, tidak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saja.  Namun disebar ke Provinsi lain, seperti Kota Padang, Batam dan Provinsi Yogyakarta.

"Melalui PSG ini, diharapkan dapat menjadi modal kompetensi dalam menghadapi MEA. Nanti diharapkan para pelajar ini bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat dari hasil PSG, ke sekolah, dunia usaha maupun perkantoran.  Pengalaman yang bisa diterapkan bila mereka sudah punya usaha sendiri,"jelasnya.

Untuk penilaian, nanti para pelajar yang mengikuti PSG diwajibkan membuat jurnal yang diberikan ketua jurusan. Namun ada juga yang jurusan Multimedia, oleh karena di Tanjabbar memiliki stasiun TV sedikit, jadi bisa juga diterjunkan ke perkantoran.

"Kendati tidak nyambung dengan jurusan, intinya anak-anak tau dengan dunia usaha dan bagaimana lingkungan pekerjaan itu sendiri,"tandasnya.

Dia juga mendukung upaya Bupati Tanjabbar H Syafrial, yang mewacanakan pembangunan Badan Latihan Kerja(BLK) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Keberadaan BLK itu sangat penting dan berkaitan dengan PSG yang sekarang ini dilaksanakan oleh siswa/inya sesuai dengan keahliannya masing-masing,"pungkasnya.(jambidaily.com/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top