Sabtu, 20 Januari 2018 |
Nasional - Pendidikan & Teknologi

4.150 Anak Usia Dini, Sumbang Rekor MURI Untuk Pemkot Jambi

Senin, 26 September 2016 07:33:58 wib
Walikota Jambi H Sy Fasha menerima Rekor MURI

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Sebanyak 4.150 anak usia dini mampu mencetak rekor MURI dengan tema "Mewujudkan Kemandirian Sejak Usia Dini", dengan memakai pakaian secara mandiri.

Dari kegiatan tersebut, Pemkot Jambi kembali meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) pada tahun 2016 ini.

"Ditargetkan 4 ribu  anak yang mengikuti kegiatan ini. Namun setelah kita verifikasi ternyata over target hingga 4.150 anak yang hadir dan mampu mengikuti rekor  MURI ini,"ungkap perwakilan MURI, Awan Raharjo, Minggu 25 September 2016.

Awam menambahkan bahwa kegiatan rekor muri Pemkot Jambi tercatat dengan Nomor urut 7599 dengan kegiatan belajar berbusana mandiri terbanyak oleh anak usai dini.

"Dengan ini kami nyatakan pemkot Jambi berhasil mencatat rekor muri dengan Nomor urut 7599 dengan kegiatan belajar berbusana mandiri terbanyak oleh anak usai dini,"papar Awan.

Sementara itu, Walikota Jambi SY Fasha, mengatakan, pencapaian rekor MURI ini, merupakan yang ke-3 diraih Pemkot.

Pada 2014 dengan kegiatan membatik yang diikuti oleh 5000 anak anak. Lalu, 2015 dengan kegiatan melukis celengan yang diikuti oleh sebanyak 3500 anak dan pada 2016 ini dengan kegiatan memakai pakaian secara mandiri.

"Kenapa kita melibatkan anak anak PAUD?, karena usia usia dini merupakan usia dimana anak butuh pembinaan. Ibarat kertas putih,"ungkapnya.

Kemandirian harus diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Karena kemandirian adalah gerbang kesuksesan. Dengan kemandirian tersebut anak akan terhindar dari sifat ketergantungan pada orang lain, dan yang lebih penting adalah menumbuhkan keberanian dan motivasi pada anak untuk dapat mengekspresikan pengetahuan pengetahuan baru.

"Sebagai orangtua, kita sudah selayaknya mendorong tumbuhnya kemandirian anak usia dini. Kegiatan yang kita laksanakan ini, adalah salah satu kegiatan yang mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah Kota Jambi mewujudkan masyarakat kota yang berkualitas, berakhlak, berbudaya dan berdaya saing,"papar Wako.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Syaiful Huda, menambahkan, dari 4.150 anak, 160 anak ditetapkan sebagai peserta terbaik dan mendapat hadiah Rp 200 ribu per orang.

"Pelaksanaan kegiatan MURI ini, menggunakan dana APBD Kota Jambi tahun 2016 serta sumbangan yang tidak mengikat dari donator,"pungkasnya.(*)

Penulis   : M Chandra H
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top