Sabtu, 20 Januari 2018 |
Pendidikan & Teknologi

4000 Lebih TKK, Pemkab Tanjabbar Bakal Lakukan Uji Kompetensi

Sabtu, 14 Januari 2017 08:56:08 wib
Uji Kompetensi (ilustrasi google.co.id)

JAMBIDAILY TEKNOLOGI-Meski memiliki 4.000 lebih Tenaga Kerja Kontrak (TKK) dan penerapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, Pemkab Tanjabbar belum berencana melakukan rasionalisasi.

Hanya saja Pemkab akan melakukan uji kompetensi guna penempatan para TKK di jabatan fungsional di setiap OPD baru, karena ada diantara TKK tersebut tidak mempunyai tempat secara kelembagaan.

"Semua inikan berbasis sasaran kinerja pegawai sebagaimana amanat PP 46, mereka harus punya kerjaan untuk mengukur kinerja. Misalkan butuh tukang ketik, ya mereka punya keterampilan dalam hal itu. Jadi banyak jabatan fungsional yang memerlukan orang-orang itu. Untuk itu tentunya ada penilaian kompetensi,"ujar  Sekda Tanjabbar, H Ambo Tuo, baru ini kepada awak media.

Disinggung adakah rasionalisasi yang dilakukan terkait penggabungan beberapa kelembagaan di Tanjung Jabung Barat? Sekda menuturkan  untuk hal itu sampai hari ini pemkab belum ada upaya untuk Rasionalisasi atau mengurangi mereka.

"Paling nanti kita minta OPD baru mempekerjakan mereka. Seperti OPD lama Dinas Kehutanan dan ESDM. itukan dihapus, secara kelembagaan TKK tidak ada tempat. Oleh karena itu kepala  SKPD lama coba kalau mereka punya kompetensi dan dibutuhkan dimasukkan ke OPD penggabungan,"jelasnya.

Menurutnya, sampai hari ini belum ada surat secara resmi. Kecuali kalau memang SKPD tersebut dibubarkan itu lain cerita. Namun sampai hari ini siapa namanya yang dirasionalisasi belum ada.

"Sepanjang mereka dibutuhkan tidak ada pengurangan. Mudah-mudahan kepala SKPD masih membutuhkan tenaga mereka. Sehingga tidak ada yang dirugikan,"tutup Sekda.(*)


Penulis    : Reza Haryanto
Editor     :  Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top