Kamis, 27 Juni 2019 |
Ekonomi

5 Jembatan Kayu di Kuala Simbur Lantainya Rapuh dan Bergoyang

Sabtu, 25 Mei 2019 21:54:33 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Warga Desa Kuala Simbur mengeluhkan sarana jembatan kayu yang menghubungkan daerah mereka dengan Desa Simbur naik, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Persoalannya, lima unit jembatan kayu yang harus dilewati warga itu kini sudah tampak rapuh dan membahayakan bagi siapa saja yang melintasinya.

Lima unit jembatan kayu yang menjadi penghubung antar dua desa ini berkedudukan di desa Kuala Simbur dan desa Simbur Naik. Masing masing dua jembatan berada di desa Kuala Simbur dan 3 jembatan lagi berada di desa Simbur Naik.

Jembatan-jembatan kayu yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat tersebut sudah bertahun-tahun lamanya berdiri, namun hingga sekarang belum sekalipun mendapat perbaikan ataupun sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah setempat.

Kini kondisi jembatan sangat memprihatinkan, dan bahkan mengancam keselamatan yang melintasinya. Karena beberapa bagian jembatan yang terbuat dari papan dan kayu itu sudah terlihat lapuk, bergoyang dan paku-pakunya mulai terlepas.

Sejumlah masyarakat desa Kuala Simbur mengaku sedih dengan kondisi jembatan kayu penghubung dua desa itu. Padahal 5 unit jembatan itu merupakan akses utama jalur darat yang menghubungkan antar dua desa dan ibu kota kecamatan Muara Sabak Timur.

Bila rusak, jembatan jembatan kayu ini selalu dilakukan perbaikan dengan dana swadaya dan gotong royong antar warga.

Warga meminta Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur peduli dengan kondisi 5 unit Jembatan kayu penghubung antar desa itu.

"Kondisinya bapak bisa lihat sendirilah. Pengennya kami selaku masyarakat kalau bisa dibangun pak,"ujar Yudi salah seorang warga desa Kuala Simbur, Sabtu (25/05/19).

Yudi menambahkan, dalam hal pembangunan, sebaiknya pemerintah daerah tidak tebang pilih. "Kami berharap besar jembatan-Jembatan kayu yang kami lewati setiap hari ini dapat terbangun menggunakan beton,"tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Kuala Simbur, Juhaifah, Ia mengatakan, masyarakat dan pemerintah desa Kuala Simbur begitu sangat mengharapkan kepedulian pemerintah daerah.

Ditegaskannya, Jembatan sangat penting bagi masyarakat.Karena tanpa jembatan masyarakat akan sulit untuk menyebrang dan beraktivitas.

"Harapan kami agar pemerintah daerah dapat segera membangun jembatan. Khususnya di Kuala Simbur, dua jembatan yang ada kondisinya sudah Memprihatinkan. Sudah ada yang pernah jatuh. Jembatan-jembatan kayu tersebut dibangun dari dana swadaya masyarakat,"tukas Juhaifah.

 

Penulis: Hendri Rosta/Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top