Kamis, 23 November 2017 |
Pendidikan & Teknologi

5 Kondisi Tak Nyaman yang Dialami si Kecil Saat Tumbuh Gigi

Rabu, 08 November 2017 08:29:37 wib
Anak tumbuh gigi./Copyright thinkstockphotos.com

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Ketika si kecil mulai mengalami fase tumbuh gigi, tubuhnya akan merasa sangat tidak nyaman. Ia bisa makin rewel dan menangis berjam-jam karena rasa sakit yang dialaminya. Tapi ternyata ada kondisi lain yang bisa dialaminya ketika tumbuh gigi.

Dilansir dari thehealthsite.com, rasa sakit hanya salah satu kondisi tak nyaman yang dialami si kecil saat tumbuh gigi. Bayi bisa mengalami penyakit dan kondisi tak nyaman lain ketika giginya sedang dalam proses tumbuh. Seperti kondisi-kondisi berikut ini.

Hilang Nafsu Makan
Gusi yang terasa nyeri membuat bayi bisa kehilangan nafsu makannya. Kita sebagai orang tua harus lebih pengertian ketika menyuapinya atau memberinya makan. Jangan terburu-buru menyuapinya saat giginya sedang tumbuh. Beri jeda sekitar 10-20 menit untuk setiap suapan atau sesuaikan dengan kenyamanan si kecil.

Sering Kebangun Saat Tidur
Si kecil jadi rewel dan sering kebangun saat tidur, khususnya di malam hari. Tidurnya jadi tidak nyenyak dan sangat sensitif dengan lingkungan di sekitarnya.

Diare
Tak semua bayi yang sedang tumbuh gigi akan mengalami diare. Tapi dalam sejumlah kasus, si kecil bisa mengalami diare saat sedang tumbuh gigi. Hal ini bisa jadi disebabkan si kecil yang akan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya untuk meredakan nyeri atau rasa sakit di gusi dan giginya. Kalau yang dimasukkan ke dalam mulutnya itu kotor, bisa-bisa akan memengaruhi sistem pencernaannya dan membuatnya diare.

Demam
Saat tumbuh gigi atau mengalami infeksi, anak bisa mengalami demam. Biasanya dapat diatasi dengan memberinya paracetamol. Tapi harus tetap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberi obat pada anak. 

Super Sensitif
Sering mengucek-ucek mata, menggaruk-garuk kepala, rewel tanpa alasan jelas juga sering dialami anak saat sedang tumbuh gigi. Kondisi ini nantinya akan hilang sendirinya ketika fase tumbuh gigi sudah terlewati.

Anak pastinya akan mengalami berbagai kondisi yang tak nyaman saat sedang tumbuh gigi. Sebagai orang tua, kita jangan sampai ikutan stres ya biar anak juga bisa tetap nyaman saat kita peluk atau tenangkan.

 


(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top