Jumat, 28 Juli 2017 |
Ekonomi

52 persen Masyarakat Tak Miliki "Akses Perbankan", Ini Kata Pj Gubernur Jambi

Minggu, 11 Oktober 2015 11:53:46 wib
Kegiatan Jambi Sharia Ekspo (JSE)2015

JAMBIDAILY EKONOMI-Fakta mengejutkan dan menjadi tantangan semua stake holder bidang perbankan.  Bagaimana tidak, secara nasional 52 persen masyarakat Indonesia belum memiliki rekening tabungan di Bank (Akses perbankan-red).

"Berdasarkan survey Word Bank, hanya 48 persen masyarakat memiliki tabungan,"papar Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi, V Carlusa, saat membuka Jambi Sharia Expo 2015, yang digelar dari 10 sampai 13 Oktober mendatang di WTC Mall Kota Jambi.

Untuk itulah, BI selalu melaksanakan dua agenda penting sebagai sarana sosialisasi perbankan ke masyarakat, sebagai upaya mendorong akses perbankan masyarakat dan peningkatan transaksi riil Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

"Setiap tahun kita menggelar Jambi Sharia Expo (JSE) dan Jambi Bank Ekspo (JBE),"jelasnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini akan memberi kontribusi positif terhadap sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah bagi masyarakat.

Sementara itu, Pj Gubernur Jambi, Dr Ir H Irman, saat membuka secara resmi kegiatan JSE tersebut, meminta pihak perbankan meningkatkan pelayanan sektor riil ke masyarakat.

"Bisa saja dengan membuka mesin electronic data capturer (EDC) yang berlaku untuk semua kartu secara gratis,"paparnya.

Dia meng-apresiasi kegiatan yang digelar Perwakilan BI Jambi bersama Bank Syariah di Jambi, untuk memperluas dan membuka akses perbankan seluas-luasnya kepada masyarakat.(jambidaily.com/DRM)

KOMENTAR DISQUS :

Top