Minggu, 15 September 2019 |
Kesehatan & Olahraga

6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Konsumsi Obat

Minggu, 26 Juli 2015 10:46:50 wib
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

JAMBIDAILY KESEHATAN-Darah tinggi atau risiko stroke, saat ini telah menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang dan mengancam kesehatan.

Beberapa study menyebutkan bahwa dari 10 orang dewasa, 7 di antaranya dikatakan berisiko terkena darah tinggi hingga stroke. Tidak jarang, untuk menurunkan tekanan darah seseorang lebih memilih mengkonsumsi obat penurun darah. Tapi tahukah Anda, konsumsi obat yang terus menerus dan berlebihan justru bisa membuat tekanan darah makin tak normal dan kesehatan lain akan terganggu.

Agar tekanan darah turun dengan baik dan mudah serta kondisi tubuh tetap sehat juga stabil, hal yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan cara alami. Dilansir dari laman prevention.com, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan seseorang dengan mudah ketika ia menginginkan tekanan darah turun ke kondisi normal. Dan berikut adalah beberapa cara alami tersebut.

Jalan-Jalan Ringan

Inilah cara termudah yang bisa dilakukan penderita darah tinggi ketika ia menginginkan tekanan darahnya kembali normal. Study menyebutkan bahwa jalan-jalan ringan dan melakukan gerak tubuh akan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh serta menurunkan tekanan darah.

Dengan berjalan dan bergerak, oksigen di dalam jantung akan bekerja dengan baik. Karena hal inilah, tidak heran jika bergerak atau sekedar jalan-jalan akan mempermudah seseorang menurunkan tekanan darah secara alami.

Konsumsi Yogurt

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata yogurt memiliki nutrisi khusus dimana nutrisi tersebut adalah penurun tekanan darah yang baik. Para ilmuwan menemukan bahwa yogurt adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium dimana kalsium tersebut mampu membuat darah menjadi lebih lentur. Yogurt juga dipercaya sebagai makanan yang memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Buah Pisang

Siapa yang tak kenal dengan buah satu ini.Pisang telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan salah satu manfaat pisang adalah menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Konsumsi buah pisang setidaknya 2 buah dalam satu hari dipercaya akan menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

Hindari Merokok

Ingin tubuh sehat dan terbebas dari masalah darah tinggi? Pastikan untuk menghindari merokok. Merokok adalah satu kebiasaan yang sangat tidak sehat dan memicu berbagai macam masalah kesehatan termasuk memicu tekanan darah tinggi. Jika Anda ingin tekanan darah dalam tubuh normal, pastikan untuk menghindari rokok dan bebaskan pikiran dari stres berat.

Kurangi Konsumsi Garam

Garam adalah salah satu makanan pemicu darah tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi adalah mereka yang mengkonsumsi garam berlebihan. Dokter Eva Obarzanek, PhD, seorang ahli gizi di National Heart, Lung and Blood Institute, menyebutkan bahwa garam adalah pemicu tekanan darah seseorang meningkat. So, agar tekanan darah turun dan kembali normal, pastikan untuk mengurangi konsumsi gula.

Konsumsi Kentang dan Mentimun

Dua makanan ini adalah makanan yang memiliki nutrisi baik untuk menurunkan tekanan darah. Dr Linda Van Horn, PhD, RD, seorang profesor kedokteran di Northwestern University Feinberg School of Medis mengungkapkan bahwa konsumsi satu buah kentang dan mentimun saat menderita tekanan darah tinggi, hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah secara perlahan.

Agar Anda terbebas dari risiko darah tinggi, pastikan untuk selalu tenang dan hindari stres berlebihan. Hindari pula segala minuman yang mengandung kafein serta alkohol. Minum air putih cukup juga tidak boleh dilupakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu diberikan kesehatan penuh olehNya.(*/SUS)


Sumber:Vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top