Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Kesehatan & Olahraga

6 Gerakan Yoga yang Bisa Bikin Kamu 'Lancar' Kentut

Senin, 15 Juli 2019 13:17:15 wib
Beberapa gerakan yoga bisa mempermudah proses pelepasan gas kentut. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

JAMBIDAILY KESEHATAN - Kentut merupakan proses alami tubuh dan kadang terjadi tanpa bantuan. Namun terkadang, kita juga mengalami penumpukan gas di tubuh yang menyebabkan kembung dan nyeri.

Tak boleh dibiarkan, susah kentut juga harus segera diatasi. Penyebab dari kondisi ini bisa jadi karena makanan tertentu atau makan terlalu cepat dan memakai pakaian terlalu ketat di perut.

Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa gerakan yoga yang disebut 'asana' yang bisa membantu merilekskan tubuh dan membantu melepaskan gas yang menumpuk atau meredakan keram dan kembung. Sebelum mencobanya, pastikan terlebih dahulu sekelilingmu mendukung untuk rileks.

1. Child's pose
Child's pose merupakan pose yoga dasar yang mungkin menjadi salah satu yang paling membantu melepaskan gas yang menumpuk di perut. Posisi ini merilekskan pinggang dan punggung bagian bawah dan bisa membantu gas bergerak melewati usus.

Cara melakukannya: mulai dengan berlutut dengan kedua kaki dan tangan, lalu dorong pantat hingga menyentuh tumit. Rentangkan tangan ke depan tubuh, menyentuh karpet atau kasur.

Biarkan kening menyentuh dasar dan bagian torso menyentuh paha yang akan memberik tekanan lembut. Ambil napas dalam-dalam dan rileks sampai gas keluar.

2. Knee to chest pose
Nama lain dari pose ini adalah apanasana, yang berarti pose pergerakan energi ke bawah. Pose ini kerap divariasikan menjadi pose wind-relieving atau untuk melegakan perut kembung gas. 

Cara melakukannya: berbaring dan angkat kaki, membentuk sudut 90 derajat. Tetap rapatkan lutut dan pergelangan, lingkarkan tangan di balik lutut dan tarik paha ke arah dada. Masukkan dagu atau coba mencium lutut jika mampu. 

Tahan posisi ini selama 15 detik hingga satu menit dapat memberi tekanan pada abdomen untuk membantu tubuh melepaskan gas kentut. Jika ingin lebih nyaman, baringkan kepala. 

3. Happy baby pose
Pose ini dinamai mirip seperti pose bayi yang sering memegang kakinya saat berbaring. Dengan melakukan pose ini, diharapkan dapat membantu meredakan stres di punggung bagian bawah dan selangkangan, membantu melepaskan gas. 

Cara melakukannya: berbaring dan angkat kedua kaki, lalu rentangkan. Angkat telapak hingga menghadap langit-langit. Jika sanggup, pegang kaki dengan tangan agar punggung rileks di lantai.

Turunkan kaki dengan tangan untuk menimbulkan ketgangan. Kamu bisa menahannya selama satu menit. Jika tak sanggup memegang kaki, gunakan kain, handuk atau tali untuk menahan pose. 

4. Seated forward fold
Cara melakukannya: duduk tegak di lantai, luruskan kaki. Bungkukkan badan mulai dari pinggang, coba sebisa mungkin menaruh dada di atas lutut tanpa membuatnya menekuk.

Rentangkan tangan hingga menyentuh jempol kaki, atau sejauh yang kamu bisa. Mendorong dari dada bisa memberi tekanan pada abdomen, yang bisa memicu rasa ingin kentut. 

5. Squat
Squat alias pose berjongkok bisa memberi tekanan pada area-area di perut yang bisa membantu melepaskan gas yang menumpuk di perut. 

Cara melakukannya: lebarkan kaki, lalu bawa pantat hingga paha lurus. Pastikan punggung tetap tegak. Saat menurunkan pantat, tahan selama beberapa detik, lalu ulangi kembali hingga gas terlepas. 

6. Twist
Beberapa gerakan yoga dan peregangan alami menggabungkan gerakan memutar. Gerakan memutar juga bisa membantumu melepaskan gas kentut yang membandel di perut.

Cara melakukannya: berdiri atau berbaring, kuncinya adalah memutar tubuh dari sisi lain ke sisi satunya. 

 

(frp/up)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top