Senin, 19 Agustus 2019 |
Kesehatan & Olahraga

7 Cara untuk Mengatasi Sariawan di Lidah yang Mengganggu

Kamis, 18 Januari 2018 12:26:17 wib
Sariawan di lidah/Copyright Shutterstock

JAMBIDAILY KESEHATAN - Sariawan terkesan sepele namun mengganggu. Jika dibiarkan sariawan dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya. Saat sariawan makan pun jadi tidak enak dan membuat nafsu makan menurun drastis. Benar-benar mengganggu ya? Jika kamu mengalami sariawan di lidah sebaiknya segera hubungi dokter, hal ini dapat mencegah infeksi.

Ladies, berikut ini adalah cara untuk melakukan perawatan sariawan di lidah saat di rumah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Batasi konsumsi gula dan produk yang mengandung ragi. Makanan yang manis dapat meningkatkan perkembangan jamur yang membuat semakin parah sariawan.
  2. Jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari. Usahakan untuk menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang dapat menyebabkan sariawan. Dan yang terpenting ganti sikat gigi 3 bulan sekali tanpa menunggu sikat gigi rusak.
  3. Saat sariawan hindari menggunakan obat kumur, pemakaian obat ini justru akan membuat sariawan semakin parah. Gunakan jika memang direkomendasikan oleh dokter.
  4. Untuk meredakan sakit karena sariawan konsumsi yoghurt tanpa pemanis buatan. Yoghurt dapat mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh.
  5. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit karena sariawan. Garam dipercaya sebagai antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab sariawan.
  6. Rajin minum jus buah, sebaiknya hindari pemakaian gula. Minum jus tanpa buah dapat meredakan sariawan.
  7. Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah. Misalnya, makanan lembut, agar-agar dan es krim.

Ladies, demikian cara untuk mengatasi sariawan di lidah yang membandel. Tertarik untuk mencoba? Semoga bermanfaat.

(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top