Jumat, 25 Mei 2018 |
Kesehatan & Olahraga

8 Kesalahan Cara Memasak Ini Justru Bikin Makanan Tak Sehat!

Jumat, 27 April 2018 08:26:25 wib
Kesalahan memasak/copyright Shutterstock.com

JAMBIDAILY KESEHATAN - Bahan makanan mentah memang seharusnya dimasak dulu sebelum dimakan. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata cara memasak juga punya aturan mana yang baik dan buruk. Seperti dilansir dari Asia One, Senin (23/4/2018), ini sekian kesalahan cara memasak yang sering terjadi saat mengolah makanan.

1. Memasak Sayur Terlalu Lama
Memasak sayuran terlalu lama bisa menghilangkan gizi pada sayuran. Bukan hanya bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya, tapi juga membuat sayur tak enak lagi di makan. Jangan terlalu lama merebus hingga lembek, berubah warna atau bahkan hancur.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Bumbu
Menggunakan terlalu banyak bumbu pada masakan seperti misalnya menabur garam, kaldu ayam, dan kecap dalam satu hidangan bisa membuatnya menjadi ladang sodium, yang mana bisa menaikkan tekanan darah dan mengentalkan darah. Terlalu banyak sodium yang masuk ke tubuh juga bisa mengikat banyak air sehingga menimbulkan penimbunan cairan dan berujung pada pembengkakan.

3. Memanaskan Minyak Berlebihan
Tidak semua minyak goreng dibuat dari bahan yang sama. Seperti misalnya minyak zaitun yang punya titik asap relatif rendah, yang berarti setelah melewati suhu tertentu akan terbakar dan mungkin melepaskan radikal bebas berbahaya. Minyak ini tak bisa dipanaskan terlalu lama seperti minyak sayur atau minyak goreng biasa. Sebaliknya, jika memakai minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kacang, minyak almond atau minyak bunga matahari.

4. Mengupas Kulit Sayuran Tertentu
Tidak semua kulit sayur harus dikupas, karena ternyata ada beberapa sayuran yang justru punya banyak nutrisi di bagian kulit. Kulit kentang, wortel, labu, mentimun dan apel mengandung nutrisi seperti mineral, vitamin dan serat sehingga aman jika dimakan sekaligus. Pastikan aja sudah dicuci bersih.

5. Tidak Mencuci Sayuran Secara Menyeluruh
Ada banyak pestisida dan bakteri yang ada di kulit sayuran, akan lebih baik jika dicuci atau digosok hingga bersih. Sebuah eksperimen yang dilaporkan dalam American Chemical Society bahkan mengungkapkan bahwa menggunakan soda kue dalam bak air untuk mencuci sayuran adalah cara terbaik untuk menyingkirkan hampir semua jejak pestisida.

6. Mencampur Madu di Bahan Makanan Panas
Salah besar jika kamu mencampurkan madu ke dalam makanan panas. Karena suhu panas bisa menghancurkan enzim yang ada di dalam madu. Ini mengurangi sifat obat dari madu. Biarkan dulu hingga suhu makanan atau minuman turun baru tuangkan madu ke dalamnya agar tidak menghancurkan kandungan sehat pada madu.

7. Menggunakan Mentega untuk Menambah Rasa
Menggunakan mentega maupun margarin untuk menambah rasa hanya akan menambah kalori pada makanan sehingga tidak sehat. Belum lagi lemak trans dan lemak jenuh yang diubah ketika mentega dan margarin dipanaskan, bisa bersifat racun, menghambat produktivitas sistem sirkulasi dan memicu banyak penyakit.

8. Menggunakan Terlalu Banyak Minyak
Penggunaan minyak sendiri tidak begitu bagus untuk tubuh. Menggunakan terlalu banyak minyak saat memasak bisa memicu kegemukan, kolesterol tinggi dan penyakit lainnya. Satu sendok makan minyak mengandung sekitar 100-150 kalori, jadi pikirkan lagi ketika ingin menggunakan banyak minyak untuk memasak, ladies.

Kini kamu sudah tahu kan apa saja kesalahan memasak yang mungkin juga pernah kamu lakukan? Yuk kurangi kesalahannya dari sekarang dan memasaklah lebih sehat.

Sumber: Liputan6.com

 

(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top