Rabu, 13 November 2019 |
Wisata & Budaya

9 Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Umum, Selamat Sampai Tujuan

Sabtu, 25 Mei 2019 09:22:44 wib
Mudik (Sumber: iStockphoto)

JAMBIDAILY TREND, Wisata - Tips mudik aman dengan kendaraan umum kerap dicari bagi mereka yang sedang merencanakan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ada beberapa alasan pemudik memilih untuk tidak menggunakan kendaraan pribadinya. Salah satu alasannya adalah mudik dengan kendaraan umum tidak harus lelah mengendarai kendaraan sendiri. Pemudik hanya perlu duduk manis dan menunggu hingga sampai ke kota tujuan.

Namun, mudik dengan kendaraan umum berarti kamu pergi tidak hanya bersama keluarga saja. Melainkan kamu pergi bersama orang-orang yang tidak dikenal dan ini mengharuskan kamu untuk lebih waspada dalam menjaga diri dan barang bawaan kamu selama perjalanan.

Buat kamu yang nanti memilih untuk mudik dengan kendaraan umum, ada beberapa tips mudik aman yang perlu kamu ketahui agar tetap nyaman selama di perjalanan.

Berikut ini, Liputan6.com, Sabtu (18/5/2019) telah merangkum beberapa tips mudik aman dengan kendaraan umum. Telah dirangkum dari berbagai sumber, perlu diperhatikan lima tips mudik aman dengan kendaraan umum ini.

Atur Jadwal Keberangkatan

Tips mudik aman dengan kendaraan umum yang pertama adalah memilih tanggal keberangkatan yang tepat. Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, jangan berangkat mepet dengan waktu hari raya atau lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi gangguan selama perjalanan, seperti macet panjang oleh bus-bus.

Selain memilih tanggal yang tepat, pilih juga alat transportasi yang tepat. Kalau kamu tidak nyaman dengan bus, kamu bisa menggunakan pesawat atau kereta api.

Pesan Tiket

Karena kamu menggunakan kendaraan umum, maka kamu perlu membeli atau pesan tiket terlebih dahulu sebelum berangkat. Kamu perlu membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan dan perlu membeli tiketnya di tempat atau agen resmi penjualan tiket.

Pesan tiket di jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, karena biasanya di musim mudik tiket kendaraan umum habis lantaran banyak orang yang ingin mudik dengan transportasi umum ini. Juga jangan sampai perjalanan mudik kamu terganggu karena tiket palsu atau bermasalah. Oleh karena itu, pentingnya untuk memilih dan membeli tiket di agen resmi.

Bawa Barang Seperlunya Saja

Tips mudik aman dengan kendaraan umum selanjutnya adalah jangan membawa banyak barang dan barang berharga. Karena mudik dengan kendaraan umum tidak sama dengan kendaraan pribadi. Maka kamu perlu meminimalisir barang bawaan. Mudik menggunakan kendaraan umum, memungkinkan kamu untuk kesulitan menyimpan barang-barang dan saat membawanya akan berat. Oleh karena itu, bawa barang seadanya saja.

Selain itu, tidak disarankan membawa barang berharga saat mudik dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu tidak perlu membawa kamera mahal, laptop, atau bahkan mengenakan perhiasan karena bisa memicu tindak kejahatan saat perjalanan.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Tips mudik aman dengan kendaraan umum yang tak kalah penting adalah jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Kamu bisa meletakkan uang tunai di banyak tempat, sehingga saat salah satu uang ada yang hilang, kamu bisa menggunakan uang lainnya. Lebih baik membawa kartu pembayaran non-tunai kalau kamu butuh melakukan transaksi pembelian.

Bawa Obat-obatan Pribadi

Mudik saat puasa biasanya rawan muncul masalah kesehatan. Oleh karena itu, selalu siap sedia untuk membawa obat-obatan pribadi yang kamu miliki. Masukkan semua ke dalam tas agar saat mudik terbawa dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Membawa Perbekalan yang Cukup

Bawa perbekalan yang cukup saat mudik menjadi sangat penting, apalagi jika kemungkinan besar kamu akan sahur atau buka puasa di jalan. Oleh karena itu, pentingnya untuk menyiapkan perbekalan sederhana seperti air mineral dan juga kue kering atau roti.

Pilih Pakaian yang Nyaman dan Sopan

Tips mudik dengan kendaraan umum yang perlu diperhatikan adalah pakaian. Perjalanan mudik cukup memakan waktu sehingga terasa melelahkan dan sering tidak bisa diprediksi secara cepat. Untuk itu, pentingnya memperhatikan jenis pakaian seperti tidak terlalu tipis dan tebal karena akan sangat mengganggu.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak mengenakan pakaian yang terbuka agar tidak menimbulkan hal-hal buruk yang diinginkan. Siapkan juga baju ganti, untuk antisipasi bila dibutuhkan.

Selalu Waspada dengan Kondisi Sekitar

Hal yang paling utama dan terpenting saat mudik dengan kendaraan umum, perlu untuk selalu waspada dengan kondisi sekitar. Awasi selalu barang bawaan kamu selama perjalanan. Usahakan untuk mudik bersama banyak orang, agar pengawasan bisa dilakukan dengan lebih baik dan saling mengawasi.

Selain itu, mudik dengan banyak orang juga bisa membuat kamu merasa tidak bosan di perjalanan. Meskipun jaraknya jauh, mudik akan tetap terasa menyenangkan.

Bawa Headset dan Powerbank

Perjalanan mudik yang panjang membuat kamu merasa bosan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa headset atau earphone untuk mendengarkan musik. Selain itu, untuk selalu menjaga daya baterai gadget kamu tetap terjaga, kamu bisa membawa powerbank. Jadi, di saat tidak ada stop kontak untuk mengisi daya gadget mu saat habis baterai, kamu bisa mengisinya dengan menggunakan powerbank ini. Jangan lupa untuk mengisi daya powerbank hingga penuh, ya.

 

 

(liputan6.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top