Kamis, 17 Oktober 2019 |
Nasional

Aceh Desak Pusat Segera Bantu Dana untuk Pengungsi Rohingya

Selasa, 26 Mei 2015 14:24:28 wib
Anak pengungsi Rohingya saat menunggu jatah makan di kamp pengungsian Aceh Timur (VIVA.co.id/Reuters)

JAMBIDAILY NASIONAL-Gubernur Provinsi Aceh, Zaini Abdullah, meminta pemerintah pusat segera memprioritaskan kejelasan anggaran untuk penanganan pengungsi Rohingya di daerah itu.

"Saya rasa itu (dana) harus segera mungkin. Kalau tidak, mana mungkin daerah sendiri. Ini besar dan ini kita bikin komunikasi," kata Zaini di Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa 26 Mei 2015.

Saat ini saja, kata dia, untuk mengurus pengungsi pihaknya sudah mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Sementara, sesungguhnya penanganan masalah imigran adalah kewenangan dari pusat.

Zaini juga mengaku belum mengetahui tindaklanjut ke depan tentang nasib ribuan pengungsi tersebut. Menurutnya, meski sebagai daerah yang ditunjuk untuk menampung, namun mekanisme lanjutannya adalah kewenangan dari pemerintah pusat.

"Saya enggak tahu ini kan program pemerintah misalnya apa tindakan selanjutnya. Menurut pak wapres sudah ada perjanjian tiga negara antara Malaysia, Thailand dan Indonesia yang dimufakatkan apa-apa yang harus diurus," ujar Zaini. (Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top