Senin, 16 September 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Aduh, 7 Kesalahan dalam Mencukur Ini Bisa Rusak Kulitmu

Selasa, 05 September 2017 07:28:21 wib
Foto: copyright bigstockphoto.com

JAMBIDAILY TIPS, Kesehatan - Demi punya kulit cantik dan mulus, biasanya kita akan rutin mencukur. Mulai dari mencukur bulu ketiak hingga bulu kaki. Tapi sekarang pertanyaan apakah cara kita mencukur sudah benar? Jangan-jangan masih banyak kesalahan yang kita lakukan dalam mencukur?

Secara umum, ada tujuh kesalahan yang perlu kamu hindari saat mencukur. Dengan menghindari kesalahan ini, semoga kulitmu tetap terjaga dan nggak iritasi.

Menggunakan Alat Cukur dengan Satu Mata Pisau
Alat cukur yang digunakan sebaiknya yang memiliki tiga mata pisau. Agar hasil cukur bisa lebih bersih. Kalau pakai alat cukur yang punya satu mata pisau, hasilnya bisa kurang rapi dan malah berantakan.

Mencukur Sebelum Mandi
Karena nggak sabaran, kadang kita memilih untuk mencukur dulu daripada mandi. Sebaiknya kamu mandi dulu sampai bersih. Kalau mandi berendam dengan air hangat, berendamlah sekitar 10 menit baru bercukur. Dengan begitu, rambut akan lebih mudah dicukur dan folikel rambut akan terbuka.

Menggunakan Silet atau Mata Pisau yang Tumpul
Jangan karena alasan penghematan, kamu tak mengganti silet atau mata pisau cukurmu dengan rutin. Menggunakan silet atau mata pisau yang tumpul berisiko membuat kulit jadi iritasi dan risiko terluka atau tergores. Selain itu, silet atau mata pisau cukur yang tak pernah diganti bisa jadi sarang bakteri.

Mencukur di Pagi Hari
Saat tidur, kaki akan sedikit bengkak. Akibatnya rambut akan melesak ke folikelnya jadi kalau dicukur hasilnya kurang halus. Disarankan untuk mencukur di malam hari untuk mendapat hasil yang mulus.

Mencukur Saat Kulit Kering
Jangan langsung mencukur rambut dalam keadaan kulit yang kering. Beri krim cukur atau gel terlebih dahulu untuk melunakkan rambut. Sehingga mencukur jadi lebih mudah. Tapi jangan menggunakan sabun sebagai ganti krim cukur ya karena nanti malah bisa menyumbat mata pisau cukur.

Menggunakan Alat Cukur Orang Lain
Aduh, mending pakai alat cukur sendiri. Jangan pakai punya orang lain karena berisiko menimbulkan risiko dan membuat cedera.

Mencukur Terlalu Cepat
Sayangi kulitmu, Ladies. Jangan mencukur terlalu cepat. Cukur bulu ketiak atau bulu kaki dengan perlahan untuk menghindari iritasi dan luka.

Itu tadi kesalahan mencukur yang perlu kamu hindari. Semoga infonya bermanfaat buat kamu, ya.


(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top