Kamis, 12 Desember 2019 |
Hukum

Ajak Pramuka Jelajah Batas Negara, Satgas Yonif R 142/KJ Beri Wawasan Tentang Sanksi Pelanggar Batas

Jumat, 22 November 2019 10:23:44 wib

JAMBIDAILY BELU - Personel Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan kegiatan upacara pramuka menjelajah batas Negara di lapangan SMPN Sadi Dusun Kopan Desa Sadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu NTT.

"Kegiatan ini dipimpin oleh Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait berserta 6 orang personelnya," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Kegiatan dalam rangka menjelajah alam wilayah batas Negara ini dilakukan oleh siswa-siswi SMPN Sadi yang berjumlah kurang lebih 90 siswa dan 10 guru pendamping," jelas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (21/11/2019).

"Hal ini kita berikan kepada anak-anak selaku generasi muda penerus Bangsa mengetahui wilayah batas Negara Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste," jelasnya lebih lanjut.

"Dan untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang karakteristik bentuk batas Negara yang berupa CBDRF (Common Border Datum Reference Frame), BSP (Border Sign Post) dan PBN (Pilar Batas Negara)," paparnya.

"Serta menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang bahaya dan sanksi bagi pelanggar batas Negara sesuai hukum yang berlaku," paparnya lebih lanjut.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah hasil perjuangan para Pahlawan terdahulu, sehingga mempertahankannya adalah sebuah kewajiban bagi generasi muda Penerus Bangsa dan mengisi kemerdekaat tersebut dengan hal yang positif.

Terpisah, Ibu Yona (33) selaku pelatih dan pembina dalam kegiatan pramuka tersebut mengungkapkan rasa senang atas partisipasi pihak Satgas Yonif R 142/KJ.

"Kami mengungkapkan rasa senang atas partisipasi dari bapak TNI yang dapat mengikuti kegiatan penjelajah alam ini, untuk kedepannya semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan terus menerus sehingga anak-anak mengetahui tentang batas Negara dan larangan melintasi batas Negara," ungkapnya.

Sementara itu, Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak sekolah karena telah berkenan melibatkan personel Pos Asulait dalam kegiatan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih sekali karena telah dilibatkan dalam kegiatan ini, melalui kegiatan ini juga kami dapat memberikan pengetahuan dan pelajaran untuk adik-adik, agar bisa mengetahui peraturan bila akan melintas batas Negara," tandasnya. (penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top