Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Aksi Penyandang Disabilitas dari Sanggar Seni Granada dalam Pergelaran “Cahaya Tanah Pilih”

Senin, 15 Juli 2019 13:58:23 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Sanggar Seni Granada, hadirkan Pergelaran Seni dan Sastra “Cahaya Tanah Pilih” pada Sabtu, 20 Juli 2019, Pukul: 19.00 Wib di Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi.

Sesuai judulnya yaitu Cahaya Tanah Pilih, cerita yang akan dibawa pada pergelaran ini dimulai dari cerita legenda Jambi dan akan dilanjutkan cerita mengenai kehidupan seorang anak penyandang disabilitas. 

"Berkolaborasi dengan pekerja seni lainnya, pergelaran ini akan menyuguhkan cerita menarik dan dapat menyadarkan masyarakat mengenai kemampuan para penyandang disabilitas yang tidak kalah dengan orang pada umumnya," Ujar Medi Saputra, Selaku Tim Kreatif.

Sanggar Seni Granada adalah sanggar yang didirikan sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus untuk menyalurkan kreativitasnya baik di bidang seni maupun sastra. Sanggar Seni Granada telah menghasilkan karya-karya dan mampu untuk menjadi juara di ajang-ajang nasional. Sanggar ini memiliki sebuah impian untuk menyalurkan dan menampilkan karya mereka lewat pergelaran. Oleh sebab itu, hadirlah Pergelaran Cahaya Tanah Pilih sebagai wujud meraih mimpi mereka. 

“Cahaya Tanah Pilih” ini akan menampilkan karya-karya seni kreasi yang dimodernisasi tapi tetap mengutamakan kearifan lokal dan budaya Jambi. Selain menampilkan tari kreasi, drama, dan lagu-lagu daerah Jambi, pergelaran ini juga akan menampilkan pantomim, musikalisasi puisi dan permainan musik tradisional. 

Pergelaran didukung langsung oleh Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dak Kebudayaan melalui program Fasilitasi Kegiatan Kesenian (FKK Kelompok) tahun 2019. 

"Tentu saja, di balik ini semua, ada beberapa pihak yang juga mendorong untuk merealisasikan impian Sanggar Seni Granada, baik dari Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi dan Duta Bahasa Provinsi Jambi," Jelas Medi.

"Turut mengundang Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, Gubernur Jambi dan Wali Kota Jambi turut diundang beserta tamu undangan lainnya," Pungkas Medi, Menambahkan.

Terlibat dalam pergelaran yaitu Ketua: Adi Kurniadi SE, Duta Bahasa Jambi: Adinda Tungga Dewi dan Rizki Junando Sandi. Tim Kreatif: Adi Kurniadi, Evi Lestari, Husni Thamrin, Medi Saputra.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top