Rabu, 08 April 2020 |
Wisata & Budaya

Al Haris: Merangin Akan Jadi Pusat Hafiz Provinsi Jambi

Senin, 18 Januari 2016 21:18:41 wib
Bupati Merangin H Al Haris menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Abdul Satar Saleh

JAMBIDAILY BUDAYA-Bupati Merangin H Al Haris berharap kedepannya Kabupaten Merangin bisa menjadi pusatnya Hafiz di Provinsi Jambi. Ini didukung dengan banyaknya jumlah pesantren di Kabupaten Merangin yang mencapai lebih dari 80 pesantren.

Jumlah pesantren di Merangin tersebut merupakan terbanyak, jika dibandingkan jumlah pesantren di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jambi.

‘’Kita sekarang juga tengah membentuk pengurus penyuluh agama di setiap kecamatannya,’’ujar Bupati pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pesantren Abdul Satar Saleh pada Sabtu (16/01).

Tujuan dibentuknya pengurus penyuluh agama itu lanjut bupati, untuk membantu Kantor Urusan Agama di kecamatan dalam melakukan pembinaan dan penyuluhan agama kepada masyarakat sampai ketingkat desa.

Dengan demikian tegas bupati, di setiap desanya nanti kehidupan beragama itu akan benar-benar hidup dan akan lahir hafiz-hafiz baru yang akan berperan dalam si’ar Islam. Jika jumlah hafiz itu semakin banyak, tentu Merangin akan menjadi pusatnya hafiz di Provinsi Jambi.

Pada acara yang dihadiri Sekda Merangin, Kemenang Provinsi Jambi, Kemenag Kabupaten Merangin, Kemenang Tanjabtim dan ratusan masyarakat Desa Renah Edan itu, bupati beserta Kakanwil Agama Provinsi Jambi meletakan batu pertama pembangunan mesjid di Pontren Abdullah Satar Saleh.

Lebih lanjut dikatakan bupati, tantangan terhadap generasi muda sungah sangat komplek, untuk itu pengetahuan tentang agama kepada generasi muda harus terus ditingkatkan, sehigga terbentuk generasi muda yang Islami.

‘’Penerapan ilmu agama saat ini semakin berkurang,  seperti pengeboman yang terjadi disekitar Gedung Sarinah Jakarta. Dimana para pelaku semua beragama Islam, tapi pemahaman ilmunya salah. Kita berharap dengan banyaknya pontren di Merangin bisa memberikan ilmu agama yang benar dan baik,’’harap Bupati.(jambidaily.com/TEG/HMS)

KOMENTAR DISQUS :

Top