Kamis, 17 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

'Alam Takambang Jadi Guru' Pelaku Teater Se-Sumatera akan Unjuk Karya

Sabtu, 20 Juli 2019 13:47:25 wib
Pergelaran 'Padang Perburuan' dari Teater Selembayung, Riau (Jum'at, 19/07/2019)/Foto: Hendry Noesae/Jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, terus melakukan persiapan baik teknis maupun non teknis jelang Temu Teater Se-Sumatera bertajuk 'Alam Takambang Jadi Guru' akan dilaksanakan mulai tanggal 2-4 Agustus 2019.

Maka dari itu, kemarin (Jum'at, 19/07/2019) TBJ selaku pelaksana melakukan rapat pertemuan dengan seluruh panitia dalam rangka konsolidasi dan sinergitas untuk sukseskan penyelenggaraan.

Taman Budaya merupakan lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pembinaan dan pengembangan seni dan budaya, serta bertanggung jawab atas keberadaan dan perkembangan lokalitas, kesenian setempat. Hal ini menyangkut pewarisan terhadap keberadaan seni dari masa ke masa. Bentuk pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh Taman Budaya berupa kegiatan laboratories, seperti; pengkajian, revitalisasi, pengolahan dan eksperimentasi seni yang ditujukan untuk generasi muda sebagai bentuk upaya menanamkan kepedulian generasi muda dalam menciptakan ruang pemikiran dan kecintaan terhadap kesenian lokal, sehingga terciptanya produktivitas seni dan budaya kreatif. 

"Temu Teater Se Sumatera merupakan ajang temu karya bagi para pekerja seni teater yang tergabung dalam grup-grup teater di masing-masing Provinsi se- Sumatera. Adapun bentuk kegiatan temu teater ini adalah pentas teater. Kegiatan temu teater se- Sumatera ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas, khususnya dikalangan generasi muda penggiat seni teater di Sumatera," Terang Didin Sirojudin,S.Sn, Kepala TBJ.

Pelaksanaan merujuk pada Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 15 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi; Kegiatan ini dibebankan kepada anggaran DAK tahun 2019; dan Program Kerja Taman Budaya Jambi Tahun 2019.

"Meningkatkan kerjasama antar penggiat seni teater se- Sumatera, Mempererat silahturami para teaterawan se- Sumatera, Membuka ruang kreativitas para seniman dan pelaku seni teater dan  Meningkatkan peran Taman budaya sebagai labor seni. Kami menargetkan perwakilan grup-grup teater dari 10 (sepuluh) Provinsi Se-Sumatera," Jelas Didin Sirojudin,S.Sn, Kepala TBJ.

Calon peserta dapat menghubungi Taman Budaya Jambi, yang beralamat di Jalan Arbai 1 No.9-10, Sei Kambang, Telanaipura Jambi (36122), Telp./ Fax : 0741 – 64828, Kontak personal: Ibu Gusmarni, S.Pd (Hp. 081366099460) e-mail ke alamat: tamanbudayajambi.tbj@gmail.com.

Data karya dan biodata grup diterima panitia paling lambat tanggal 25 Juli 2019. 

 


(Hendry Noesae)

 


Berita Terkait:
Seniman Se-Pulau Sumatera Berkumpul dalam Temu Teater di Jambi

KOMENTAR DISQUS :

Top