Jumat, 28 Juli 2017 |
Ekonomi

Alhamdulillah, Baznas Merangin Salurkan Dana ZIS Untuk 7.769 Mustahiq

Senin, 19 Juni 2017 09:27:52 wib

JAMBIDAILY EKONOMI-Ditengah meningkatnya kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merangin 2017 telah menyalurkan bantuan dana Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS).

Melalui penyaluran dana tersebut setidaknya dapat meringankan beban para penerima (Mustahiq), yang diprioritaskan untuk para orangtua jompo dan keluarga miskin, di Kecamatan  Bangko, Bangko Barat, Batang Masumai dan Kecamatan Nalotantan.

‘’Pada tahun ini kita salurkan Rp 1,2 miliar dana Baznas untuk sebanyak 7.769 orang mustahiq yang tersebar di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin. Saya berterimakasih dengan Baznas yang sukses menghimpun dana ini,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris Jumat sore (16/6), saat  menyalurkan dana ZIS 2017 dari Baznas Merangin,  di Pendopo rumah dinas Bupati Merangin.

Dikatakan bupati di Pemkab Merangin ada sekitar 6.000 orang pegawai yang punya kewajiban membayar zakat, infaq dan sadaqoh. Tapi masalahnya banyak gaji pegawai yang telah dipotong pinjaman bank.

Namun demikian bupati mengaku bersyukur, karena pada tahun sebelumnya hanya sekitar Rp 300 juta saja dana yang terkumpul, sedangkan tahun ini berkar kerja keras Baznas terkumpul sampai Rp 1,2 miliar.

Bupati akan terus berupaya membantu sumber-sumber pendapatan Baznas lainnya, diantaranya dari sebanyak 35 orang anggota dewan.

‘’Kita juga coba dari para petani yang memiliki lahan sawit hingga berhektar-hektar,’’jelas Bupati.

Jika dalam satu hektar saja penghasilan petani itu dikeluarkan sesuai kewajiban 2,5 persen, tentu tidak sedikit dana yang akan terkumpul ke Baznas.

"Untuk itu Baznas harus kreatif mencari celah-celah pendapatan lainnya,"harapnya.(*)

Laporan  : Teguh (HMS)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top