Kamis, 15 November 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Alumni PCTA dan Kemenhan RI Peduli Warga SAD di Muaro Jambi

Minggu, 04 November 2018 12:05:02 wib
Alumni PCTA foto bersama warga dan Anak-anak SAD Desa Nyogan Mestong Muara Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Dewan Pengurus Daerah Alumni Parade Cintah Tanah Air (PCTA) Provinsi Jambi menggelar kegiatan kegiatan pengabdian masyarakat "Peduli Warga Suku Anak Dalam (SAD)."

Untuk kegiatan ini kita mengunjungi Masyarakat Suku Anak Dalam di Desa Nyogan Segandi, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi dengan memberikan 45 paket sembako kebutuhan rumah tangga seperti beras, mie instan, gula pasir, dan minyak sayur untuk 45 keluarga di RT 02 dan RT 15, 95 paket tas perlengkapan alat tulis seperti buku gambar, 1 pack buku tulis, penggaris, pena, pensil, penghapus, penggaris, rautan pensil, serta perlengkapan mandi berupa sikat gigi dan pasta gigi serta Obat-obatan berupa obat kutu Peditox dan obat cacing,"papar Ketua DPD Alumni PCTA Provinsi Jambi, Amanda, ditengah kegiatannya bersama masyarakat SAD, Sabtu (03/11/2018).

Pemilihan lokasi Pengabdian masyarakat kali ini, karena Desa Nyogan Segandi merupakan desa yang unik dan menarik, karena hampir seluruh penduduknya merupakan saudara kita dari Suku Anak Dalam asli yang hidup berdampingan dengan beberapa masyarakat pendatang lain.

Namun sayangnya masih banyak anak-anak di desa ini yang belum mendapat pendidikan yang layak sebagaimana mestinya dan juga kehidupan ekonomi masyarakat di Desa Nyogan Segandi ini masih sangat terbatas dan kekurangan.

Mahasiswa dan pelajar sebagai kaum akademisi memiliki peran penting dan strategis dalam masyarakat. Pengabdian masyarakat dapat menjadi wahana mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki, yang telah didapat dalam pendidikan di kampus dan sekolah.

"Kita berharap, keberadaan Alumni PCTA ditengah  masyarakat dapat memberikan manfaat di tempat pengabdiannya, khususnya bagi Alumni PCTA dapat  menumbuhkan rasa cinta alumni terhadap tanah air, menumbuhkan karakter dan sikap bela negara generasi muda Bangsa Indonesia, dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,"ungkap Mahasiswi Unja ini.

Sementara itu, Kepala Kementrian Pertahanan RI Provinsi Jambi, Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP, yang turut langsung mendampingi kegiatan Alumi PCTA Provinsi Jambi tersebut menyampaikan apresiasi atas pengabdian masyarakat yang dilaksanakan.

"Kegiatan ini kita harapkan dapat mengenalkan nilai-nilai cinta tanah air kepada generasi penerus."

Dijelaskannya, DPD Alumni PCTA dibawah naungan dan pembinaan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Dalam upaya menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan seperti, pengkaderan Bela Negara, PCTA dan seminar-seminar kebangsaan Cinta Tanah Air.

"Kita berharap, para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam PCTA ini terus memberi kontribusi positip melalui kegiatan pengabdian masyarakat,"harapnya.

Sedangkan Pembina Alumni PCTA Provinsi Jambi, Drs Zulkiram, menyampaikan, dalam kegiatan Pengabdian Alumni PCTA kali ini dilaksanakan kegiatan, seperti, Penyerahan Donasi dari PCTA Provinsi Jambi kepada Suku Anak Dalam Nyogan Segandi dan Pembagian Bubur Kacang Hijau, Proses belajar mengajar di ruang kelas dan Fun Games di lapangan SD N 238 Nyogan Segandi.

"Pembinaan generasi Cinta Tanah Air harus terus kita tumbuhkan secara berkelanjutan,"jelas pria yang telah mengenal baik kondisi warga SAD Desa Nyogan ini.

Ketua Warga SAD Desa Nyogan, Temenggung Yan menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Alumni PCTA dan Kemenhan RI Provinsi Jambi yang telah peduli dan berbagi dengan warganya.

"Terima kasih telah peduli dan berbagi ke kami. Kami disini masih menggantungkan hidup dengan mencari ikan di Sungai Bahar dan menjadi buruh tani sawit,"tutur pria 40 tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Letkol Inf Anggiat Sihombing, Mayor Laut Edward, Temenggung Yan dan tokoh masyarakat setempat lainnya.(***)


Editor : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top