Minggu, 24 September 2017 |
Ekonomi

Ansori: Tak Cairkan Dana Desa, Bakal Disanksi

Rabu, 30 September 2015 20:31:14 wib
Ilustrasi Dana Desa (google.co.id)

JAMBIDAILY MUARATEBO-Realisasi pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015 melalui APBD Tebo untuk tahap satu senilai Rp 25.880.169.000 untuk 107 desa diklaim sudah 100% dicairkan.

Sementara itu memasuki tahap kedua, sebanyak 21 desa dari 107 desa penerima atau sekitar 19% sudah mulai dicairkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Tebo, A.Malik saat dikonfirmasi Jambidaily.com, Rabu (30/09) dikantornya.

Sementara itu untuk pencairan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2015 pada tahap satu sebanyak 102 desa sudah dilakukan pencairan dari 107 desa penerima atau setara 96 persen dengan total alokasi Rp. 11,5 Milyar.

"Lima desa dari rekap data kita belum ada melakukan pencairan pada tahap satu.  Sedangkan Dana Desa tahap kedua baru ada dua desa yang melakukan pencairan.  Ini bisa ditanyakan pada BPMPD,"jelas A. Malik.

Terpisah,  Kaban BPMPD Tebo melalui Kabid Pemdes, Ansori, Rabu (30/09), menuturkan lima desa yang belum mencairkan DD diantaranya satu desa sudah akan melakukan pencairan, sementara empat desa lainnya menurut kades yang bersangkutan mereka beralasan merasa takut untuk lakukan pencairan Dana Desa, makanya dia tidak berani cairkan, entah takutnya seperti apa atau kenapa kita tidak tau.

"Iya empat Kades beralasan tidak berani untuk mencairkan DD,"jelas Ansori.

Seharusnya para kades tersebut tidak perlu harus takut asalkan usulan kegiatan yang bakal dilakukannya sesuai aturan yang ada, seperti yang telah disosialisasikan selama ini.

"Kalau empat desa sama sekali tidak mau maka desa tersebut bakalan di jatuhi sanksi meskipun kita belum tau apa sanksinya.  Namun untuk tahun berikutnya DD didesa tersebut bisa dikurangi anggarannya bahkan bisa dicoret atau tidak bakal diberikan anggaran DD,"ingatnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun melalui salah satu staf bagian keuangan, bahwa lima desa yang belum melakukan pencairan DD ditahap satu tersebut diantaranya desa Semambu Kecamatan Sumay, Sungai Jernih Kecamatan Muara Tabir, Teluklancang Kecamatan Tujuh Koto, Balai Rajo Kecamatan Tujuh Koto Ilir, Teluk Kepayang Pulau Indah Kecamatan Tujuh Koto Ilir.(jambidaily.com/ART)

KOMENTAR DISQUS :

Top