Minggu, 24 September 2017 |
Peristiwa

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Provinsi Jambi Bersihkan Tiga Titik Tumpukan Sampah

Senin, 15 Mei 2017 20:08:50 wib
Tumpukan sampah dipintu air tembuku

JAMBIDAILY PERISTIWA-Bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) VI dan Dinas PU Kota Jambi melakukan pembersihan tumpukan sampah di tiga lokasi.

Ketiga titik tumpukan sampah yang disasar berada di kawasan Danau Sipin yang berada dibelakang Kantor Gubernur Jambi, Bagan Pete dan Pintu Air Tembuku.

Upaya ini sebagai langkah pencegahan ancaman banjir dadakan saat terjadi tingginya intensitas hujan.

"Antisipasi ancaman banjir dadakan, Dinas PUPR Provinsi Jambi beserta dinas terkait lainnya, pagi ini Minggu (14/05/2017) melakukan pembersihan sampah,"papar Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Ir Dody Irawan MT, disela-sela kegiatan tersebut mendampingi Gubernur Jambi, H Zumi Zola yang turut meninjau kegiatan pembersihan sampah.

Menurutnya, untuk lokasi di belakang kantor Gubernur tersebut,  sebenarnya bukanlah tempat pembuangan sampah.  Disini hanya disediakan 1 buah Container Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Karena volume sampah yang banyak dari masyarakat dibuang diluar Container TPS, sehingga kawasan ini menjadi tumpukan sampah. Untuk itulah kita lakukan pembersihan untuk antisipasi banjir dan wabah penyakit,"jelas Dody.

Dalam kegiatan tersebut, pihak PUPR menurunkan tiga dump truck serta 1 buah alat berat Backhoe Loader yang digunakan untuk membersihkan lokasi tersebut.

Tumpukan sampah ini kami angkut dan kami pindahkan ke TPA Talang Gulo, kemudian dikawasan ini (belakang kantor gubernur-red) akan kami pasang spanduk himbauan supaya membuang sampah pada tempatnya."

"Kedepan, kawasan ini akan dijadikan RTH (Ruang Terbuka Hijau) bagi masyarakat,"imbuhnya.

Sementara itu, di kawasan Bagan Pete juga dilakukan pembersihan sampah yang menumpuk hingga ke bahu jalan.

"Kita lihat dilokasi ini selain kondisinya sama dengan di belakang kantor gubernur tadi, tampak ada masyarakat yang mendirikan gubuk didekat tumpukan sampah tersebut. Perintah Bapak Gubernur, didaerah ini pun harus dibersihkan serta dihimbau kepada masyarakat Jambi agar sadar lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya,"tambah Dody yang turut didampingi sejumlah jajarannya.

Sedangkan untuk pembersihan sampah di pintu air Tembuku, selain sudah ada alat otomatis pengangkut sampah dari sungai keatas dumptruck tampak 1 unit excavator dan 3 buah dumptruck dari Dinas PUPR  Provinsi Jambi.

Tak hanya itu, juga diterjunkan tim dari BWS yang turun ke sungai menggunakan perahu karet mengumpulkan sampah kemudian mengangkutnya keatas truck.

"Target kami, di tiga lokasi ini sudah bersih dari tumpukan sampah,"pungkas Dody.(*)

Laporan   : Ivan (HMS-PUPR)

KOMENTAR DISQUS :

Top