Selasa, 22 Mei 2018 |
Peristiwa

Antisipasi Banjir, PUPR Provinsi Jambi Lakukan Normalisasi Saluran Air di Payo Lebar

Minggu, 30 April 2017 17:48:27 wib
Dinas PUPR Provinsi Jambi bersama masyarakat setempat menggelar gotong royong melakukan pembersihan saluran air

JAMBIDAILY PERISTIWA-Mengantisipasi banjir akibat genangan air hujan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi melakukan normalisasi saluran drainase.

Dinas PUPR, Minggu (30/04/2017) bersama masyarakat Kelurahan Payo Lebar Kecamatan Jelutung Kota Jambi, menggelar gotong royong membersihkan sampah-sampah serta normalisasi sedimentasi/endapan pasir dan tanah dari saluran drainase.

Gotong royong ini dilaksanakan selama tujuh hari berturut turut terhitung sejak Sabtu (29/04/2017). Dan Dinas PUPR Provinsi Jambi menurunkan Alat berat serta dumptruck, juga dibantu Dinas PU kota dan BWS VI serta  aparat dari Kelurahan dan Kecamatan serta seluruh komponen masyarakat setempat.

Tak hanya saluran drainase, Box Culvert yang melintang jalan juga turut disasar untuk memperlancar aliran air saat tinginya intensitas curah hujan.

Melalui normalisasi saluran drainase dapat mengurangi tinggi serta lamanya genangan air saat banjir.

Sebelumnya, Sabtu (29/04/2017) Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Ir Dodi Irawan MT bersama Gubernur Jambi H. Zumi Zola, meninjau kawasan Palyo Lebar yang rawan banjir ketika hujan turun.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jambi memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk melakukan upaya penanggulangan banjir dalam jangka pendek.

Salah satu penyebab terjadi genangan air (Banjir), karena terjadi penyempitan saluran dan diperkirakan debit air yang melalui saluran tidak lancar sehingga terjadi genangan.

Sedangkan untuk penanganan jangka panjang, di kawasan tersebut akan dibuatkan perencanaannya terlebih dahulu oleh intansi teknis.

Dari pendataan dan informasi warga setempat, kawasan yang rawan terkena banjir terdiri dari enam RT,  18,19,20,23,28, dan RT 31 dengan jumlah penduduk sekitar 756 KK.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi juga memberi bantuan ala-alat kebersihan untuk warga setempat. (*/Rilis/Ivan)


Editor   : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top