Rabu, 16 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

Apresiasi Para Pekerja Seni, Kodim Sragen Gelar Festival Musik Jalanan

Senin, 26 Agustus 2019 06:45:49 wib

JAMBIDAILY SRAGEN - Sebagai bentuk apresiasi kepada para musisi jalanan yang biasa beroperasi di kota, pasar, perempatan serta terminal, Kodim 0725/Sragen menggelar ajang Festival Musik Jalanan 2019 di alun-alun Sragen.

Hal tersebut dikatakan Komandan Kodam (Dandim) 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto dalam rilis tertulisnya di Sragen Jawa Tengah, Minggu (25/8/2019)

Dikatakan Dandim, kegiatan yang berlangsung pada jumat (23/08/2019) malam tersebut, selain sebagai sarana Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif, juga untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme, cinta tanah air dan semangat gotong royong.

‘’Dengan tema "Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI", kita harapkan akan tumbuh semangat kebangsaan khususnya para pecinta seni jalanan,’’ ujarnya.

‘’Acara yang diikuti oleh delapan kelompok pengamen ini, masing-masing peserta akan membawakan dua lagu, satu lagu wajib dan satu lagu pilihan,’’ ujarnya.

‘’Setiap kelompok kita batasi, minimal lima sampai 10 orang, dengan alat musik yang bebas mereka bawakan,’’ terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari lagu wajib, mereka dapat memilih lagu antara lain Bangun Pemuda Pemudi, Dari Sabang Sampai Merauke, Halo Halo Bandung, Jembatan Merah, Rayuan Pulau Kelapa serta Gebyar Gebyar (Gombloh).

Sementara untuk lagu pilihan Pamer bojo,  Mundur Alon-Alon, Banyu Langit, Pikir Keri dan Lakon Tresnamu.

‘’Sebagai pemenang lomba, panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan Rp 4.000.000,-. Selain itu pemenang berhak mendapatkan piala serta piagam penghargaan,’’ ucapnya.

‘’Untuk juri, kita libatkan juri lokal Sragen yang sudah tidak diragukan kiprahnya didunia seni, dari DKDS yakni Singgih, Kristono Suharto, dan Agus, sehingga penilaian akan lebih objektif,’’ jelasnya.

Sebagai hasil akhir, terang Dandim, keluar sebagai juara pertama kategori penyanyi terbaik yakni dari Grup Creaser Percusion Sukowati (CPS). Pemenang kali ini dijadwalkan akan tampil bersama Inka Kristi pada acara resepsi HUT Kemerdekaan RI di Pendopo, Rabu (28/09/2019), mendatang.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah semangat para pemusik jalanan untuk bisa berkreasi dan berinovasi lebih baik, serta sebagai sarana untuk saling mengapresiasi dan silaturahmi. (Dispenad)

KOMENTAR DISQUS :

Top