Sabtu, 26 Mei 2018 |
Pendidikan & Teknologi

ASI Bisa Bikin Anak Lebih Penurut dan Terhindar dari Perilaku Negatif

Rabu, 11 April 2018 07:27:25 wib
Copyright: pixabay.com

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Ladies, selama ini kamu pasti sudah sering mendengar berbagai manfaat ASI eksklusif baik untuk ibu maupun anak. Ternyata selain dari segi kesehatan, pemberian ASI bisa membuat perilaku anak lebih baik di kemudian hari. Anak yang diberi ASI cenderung lebih penurut dan terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti berbohong dan mencuri.

ASI punya manfaat untuk membuat anak punya IQ lebih tinggi. Anak pun bakal jarang terkena infeksi dan terhindar dari risiko obesitas. Dari hasil penelitian yang ditulis dalam Archives of Disease in Childhood, dilansir Readers Digest, anak yang minum ASI ekskusif akan  memiliki sikap dan perilaku yang lebih baik. Mereka akan terhindar dari gelisah, hiperaktif dan perilaku yang buruk.

Penelitian yang dilakukan Oxford Universitymenemukan bahwa anak yang mendapat ASI selama 4 bulan atau lebih memiliki perilaku yang baik. Penelitian ini dilakukan pada 10.000 bayi yang lahir pada rentang waktu 2000-2001. Saat berusia 5 tahun, 16 persen anak yang yang minum susu formula memiliki perilaku hiperaktif, berbohong, bahkan mencuri. Kasus yang sama ditemukan pada anak yang minum ASI hanya 6% saja.

Saat penelitian dilanjutkan setelah anak berusia lebih dari 5 tahun, perilaku mereka yang diberi ASI jauh lebih baik dan memiliki risiko berperilaku buruk lebih rendah 30 persen dibanding anak yang minum susu formula.

Faktor ini kemungkinan besar terjadi karena ibu yang menyusui memiliki pendidikan yang baik dan mampu mampu mengajarkan perilaku baik untuk si kecil. Selain itu memberikan ASI membuat ikatan ibu dan anak lebih kuat dan ibu makin bisa mengarahkan anak untuk jadi pribadi yang lebih baik.

(vem/ivy)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top