Jumat, 23 Februari 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Asian Agri Peduli K3, Ingin Karyawanya “Selamat datang, Selamat pulang”

Kamis, 04 Februari 2016 22:40:09 wib
Peserta pelatihan K3 Asian Agri Peduli

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap sustainability, khususnya penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja.  Asian Agri menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Strategi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3)”, yang diperuntukkan bagi seluruh Ahli K3 Umum Asian  Agri yang  terdiri dari para asisten kebun dan pabrik.

Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu unit bisnis Asian Agri Group, yakni  PT. Dasa Anugrah Sejati yag berlokasi di  Desa Lubuk Bernai Kecamatan Batang  Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pelatihan ini sangat penting  dilakukan untuk  meningkatkan pemahaman kepada para Ahli K3 Umum Asian Agri agar dapat  diterapkan di wilayah unit kerja masing-masing.

“Penerapan K3 sangat penting  dalam kehidupan dan pekerjaan kita sehari – hari, konsepnya datang dengan selamat dan pulang dengan selamat. Diharapkan pelatihan ini dapat mengisi  profesionalisme  Ahli K3 Umum sehingga nantinya dapat diimplementasikan di masing masing unit kerja bapak dan ibu sekalian”, ucap Group Manager, Alison Marbun, sebagaimana rilis resmi Humas Asian Agri kepada jambidaily.com, Kamis (04/02).

Sementara itu, dengan narasumber & instruktur, Edy Saptono, Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI), mengatakan, pelatihan ini  bertujuan untuk memberikan kesamaan misi, agar penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)  dapat tercipta di lingkungan perusahaan Asian Agri Group.

“Penerapan pelatihan safety leadership ini difokuskan untuk penyamaan persepsi di seluruh pimpinan unit, Ahli K3 Umum dan team P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di Asian Agri yang telah disosialisasikan secara nasional di seluruh perusahaan di Indonesia,”papar Edy Saptono.

Pada kesempatan ini, Bapak Edy Saptono memberikan materi “Safety leadership”, “Strategi Kebudayaan” dan “Teknik Komunikasi” yang bertujuan untuk membangun pondasi awal kepemimpinan untuk berjalannya implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja kepada asisten kebun dan pabrik sebagai pemimpin terdepan di masing masing unit kerja.  

Hari kedua pelatihan materi dilanjutkan dengan “Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja PP 50 tahun 2012”, dan menu pelatihan utama “Fatality Prevention Element” & “OHS (Occupational Health and Safety) Improvement” disampaikan sebagai materi penutup oleh Edy Saptono.

Peserta pelatihan, juga mengapresiasi atas pelatihan yang sudah diselenggarakan perusahaan, karena menunjukkan kepedulian perusahaan kepada para karyawannya.
 
“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada perusahaan, dimana pelatihan ini merupakan wujud  kepedulian perusahaan bagi kami para karyawan/ti perusahaan, sehingga kami lebih mengetahui dan lebih peduli untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan kami,” ujar Ismail, Asisten Kepala Pabrik Kelapa Sawit Taman Raja, yang juga menjadi peserta pada pelatihan ini.

Sementara itu, Koordinator Safety Asian Agri, Putu Grhyate Yonata Aksa mengatakan bahwa pelatihan ini juga meruapakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Asian Agri dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional.

“Pelatihan K3 di Jambi ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional. Sebelumnya hal yang sama juga sudah dilakukan di Riau dan menyusul Sumatera Utara, dengan total jumlah peserta 70 orang.  Tujuannya untuk meningkatkan kembali arti pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (k3),” ujarnya menjelaskan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penetapan bulan K3 Nasional dimulai pada 12 Januari s/d 12 Pebruari 2016.(*)

KOMENTAR DISQUS :

Top