Senin, 17 Juni 2019 |
Wisata & Budaya

ASTINDO Jambi Sukses Adakan Sertifikasi Kompetensi SDM Biro Perjalanan Wisata

Selasa, 21 Mei 2019 14:12:13 wib

JAMBIDAILY WISATA - Sertifikasi Profesi (LSP) Air Transport Distribution Services & Agencies (ATDA) yang didirikan oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) mendapat kepercayaan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia untuk melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Profesi pada Biro Perjalanan Wisata yang berada di provinsi Jambi (Senin, 20/05/2019).

Proses sertifikasi kompetensi yang berlangsung di Odua Weston Hotel di kota Jambi, dan dibuka oleh Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Drs Sundari mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi tersebut, diikuti oleh 50 peserta, dengan jenis okupasi yang disertifikasi meliputi; Travel Consultant, Tour Leader, Tour Consultant dan Ticketing.

"Kami sealu mensupport dan mendukung penuh kegiatan ini serta memberikan dukungan atas program yang memajukan sumber daya manusia Pariwisata agar dapat mensukseskan kunjungan wisatawan di tahun 2019 ini," Tutur Sundari, sekaligus berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan oleh DPD ASTINDO Jambi.

Ketua DPD ASTINDO Jambi, Taufik Hidayat pada sambutannya menyampaikan kegiatan merupakan event kedua ASTINDO Jambi yang baru berdiri bulan Oktober 2018 lalu.

"Event pertamanya adalah Pelatihan Tour Leader dan Tour Planner yang sertifikasi kompetensinya dilaksanakan sekarang, dengan harapan agar SDM BPW (Biro Perjalanan Wisata-red) di Jambi dapat memiliki daya saing yang baik dan dapat terus tumbuh berkembang," Ungkap Taufik.

"ASTINDO Jambi berkomitmen akan mengambangkan pelatihan-pelatihan dan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemajuan dunia periwisata terutama di Jambi. Selanjutnya DPD ASTINDO Jambi berencana melaksanakan kegiatan pelatihan Digital Marketing yang sekarang ini sangat dibutuhkan untuk menembus pasar global," Imbuh Taufik.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ASTINDO yang juga sebagai Ketua LSP ATDA, Sjachrul Firdaus memaparkan tentang program kerja ASTINDO dan juga manfaat sertifikasi bagi pekerja pariwisata Indonesia. 

"Kegiatan sertifikasi ini adalah agenda rutin dari Kementrian Pariwisata sejak 3 tahun belakangan yang merupakan program pemetaan kompetensi SDM pariwisata diseluruh Indonesia yang kali ini dilaksanakan di Jambi. Saya sangat apresiasi dengan semangat peserta yang mengikuti program sertifikasi di Jambi ini, yang berpotensi dapat mengembangkan industri pariwisata di Jambi dapat segera bangkit," Pungkasnya.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top