Senin, 22 April 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Atlet Porprov Jambi 2018 Kecewa, Pemkab Tebo Belum Penuhi Bonus untuk Peraih Medali

Rabu, 30 Januari 2019 14:37:36 wib
Atlet Kabupaten Tebo, Cabor Billiar peraih Medali Emas/Foto: Dok.ist

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Ke XXII Jambi, pada November 2018 yang lalu masih meninggalkan kekecewaan bagi Atlet dari Kabupaten Tebo karena janji tentang bonus untuk penerima medali belum juga terealisasi hingga saat ini.

Ketua pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Billiar Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Tebo, Jawir Hafizi, kepada jambidaily.com menuangkan keluh kesahnya terkait janji yang belum dipenuhi oleh Pemkab Tebo.

"Sangat realistis atlit menanyakan pada kami selaku Ketua Cabor tentang Bonus Atlet, karena mereka melihat Kabupaten lain sudah memberikan Bonus Atletnya, dan bahkan mereka sudah sangat semangat lagi untuk bertanding pada laga selanjutnya seperti Kejurda, Kejurnas, Pra PON dan lain sebagainya," Ungkap Jawir Hafizi, (Rabu, 30/01/2019).

Selain itu, Jawir berharap adanya solusi dari pihak-pihak terkait agar permasalahan cepat diselesaikan karena perjuangan Atlet harus mendapat perhatian lebih mengingat membela nama baik kabupaten Tebo.

"Sebaiknya Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo mengambil alih "kisruh" ini, mendudukan persoalan sesungguhnya seperti apa dan bagaimana (solusi). Karena jujur saya selaku Ketua Pengurus Cabang Olahraga Bilyard yang kemaren menyumbang satu Emas dan dua Perunggu tidak sanggup lagi ngangkat (menjawab-red) telpon dari atlet yang meraih medali pada PORPROV 2018 karena mereka menuntut bonus yang telah dijanjikan, belum lagi keluhan Pengurus Cabor yang didatangi secara langsung oleh atlet, saudara atlet, orang tua atlet yang menanyakan Bonus Atlet. Persoalan ini adalah persoalan hati dan perasaan, kasihan mereka yang telah berjuang atas nama kabupaten Tebo dengan darah dan bahkan nyawa sekalipun, mereka butuh dihargai, mereka butuh diajak bicara secara kongkrit," Ujarnya.

"Kalau Billiar sih enak berlaga tidak kontak fisik secara langsung, akan tetapi bagi atlet yang kontak fisik secara langsung itu yang harus kita kedepankan rasa iba dan kasihan. Ingat, mereka berjuang untuk nama baik kita yang tinggal di Kabupaten Tebo. Sebaiknya KONI & DISPORAPAR Kabupaten Tebo tidak berwacana pada hal-hal yang tidak mengarah pada solusi yang kongkrit, karena sekali lagi mari kita kedepankan rasa iba dan kasihan kita pada mereka yang telah berjuang untuk dan nama baik Kabupaten Tebo," Pungkas Jawir menambahkan sebagaimana yang juga dia posting pada linimasa Facebook miliknya.

Kekecewaan tersebut bukan tidak beralasan karena salah satu Atlet dari Cabor Billiar yaitu Hendra, satu-satunya Atlet peraih medali emas yang bermain di nomor 15 tunggal putra, juga menyatakan rasa kecewaannya

"Sedih, kecewa, mungkin karena terlalu sering mendengar janji manis, kami sebagai atlet tidak akan pernah menuntut kalau tidak dijanjikan," Tuturnya singkat, ketika dikonfirmasi jambidaily.com.

Sementara itu, Portaltebo.id melansir bahwa Ketua KONI Tebo, Robi Harja mengatakan bahwa soal bonus atlet bukanlah wewenang atau tanggung jawab KONI Tebo. “Soal bonus atlet, coba tanya ke Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tebo,”kata Robi dikonfirmasi PORTALTEBO.com, Rabu (30/01/2019).

Diakui Robi jika Pemkab Tebo menjanjikan bonus bagi atlet yang berprestasi pada Porprov XXII Jambi 2018. Dia juga mengaku jika dirinya telah mengingatkan pihak Disporapar Tebo agar mengusulkan anggaran untuk bonus atlet tersebut. 

“Memang janji Pemkab akan memberikan bonus kepada atlet yang berprestasi. Tapi itu bukan wewenang atau tanggung jawab kami sebagai pengurus KONI,”tegas Robi. 

KONI, jelas Robi, salah satu wewenangnya adalah melakukan pembinaan terhadap cabang olahraga. Tujuannya untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tebo. “Yang kita kelola adalah dana pembinaan untuk Cabor yang sifatnya hibah, bukan dana untuk bonus atlet, “tegas dia lagi. 

Meski demikian, Robi berjanji segera melakukan kordinasi sama pihak Disporapar Tebo terkait bonus atlet tersebut. “Nanti saya kordinasikan sama Disporapar soal bonus atlet ini kapan akan diberikan, “tutupnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo menjanjikan bonus Rp 12,5 juta untuk atlet peraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi XXII, di Jambi. Hal ini dikatakan langsung oleh Bupati Tebo, Sukandar saat beri kata sambutan pada acara pelantikan Ketua dan Pengurus KONI Tebo di Pendopo rumah dinas Bupati Tebo, Senin lalu (24/09/2018).

Wabup menjanjikan, Pemkab Tebo telah menyediakan bonus sesuai prestasi yang diraih. Satu medali emas akan diberi bonus uang sebesar Rp.12.500.000, medali perak 6.000.000 dan perunggu sebesar Rp.3.000.000. “Bonus ini sudah kita siapkan dari APBD Tebo. Dan kita berharap masing-masing atlet bisa mendapatkannya,”kata Syahlan waktu itu. 

Diketahui, dari 31 cabor yang dipertandingkan di Porprov XXII Jambi 2018, Tebo mengikuti pertandingan di 29 cabor. Dari jumlah tersebut, Tebo berhasil memperoleh 30 medali emas, 27 perak dan 42 perunggu.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top