Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Awas, Sinar Biru pada Gadget Disebut Memicu Risiko Kanker

Rabu, 02 Mei 2018 11:59:49 wib
Cahaya pada gadget tidak baik buat kesehatan/copyright eyecareofiowa.com

JAMBIDAILY GADGET, Teknologi - Apakah kamu salah satu orang yang suka bermain gadget sebelum tidur? Atau, kamu merupakan seseorang yang akan meletakkan gadget di dekat tempat tidur kamu? Mengenai hal ini, para ahli mengungkapkan jika menaruh gadget di dekat tempat tidur atau memainkannya sebelum tidur bisa berpengaruh buruk pada kesehatan juga kecantikan.

Dilansir dari laman worldofbuzz.com, meletakkan gadget di dekat tempat tidur juga menyebabkan kesulitan tidur. Lebih buruknya lagi, cahaya lampu biru pada gadget akhir-akhir ini ditemukan bisa meningkatkan risiko kanker pada tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Enviromental Health Perpectives mengungkapkan jika paparan cahaya biru (blue light) pada gadget bisa meningkatkan risiko kanker terutama kanker prostat pada pria. Bagi wanita, cahaya biru ini dipercaya bisa meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 1,5 kali lebih besar. 

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Eropa dan dipimpin oleh profesor di Institute for Global Health Barcelona kepada sedikitnya 4 rbu partisipan usia 20 - 85 tahun menemukan bahwa orang-orang yang tidur dengan cahaya lampu terang terutama lampu pada gadget, ini bisa meningkatkan risiko kanker. 

Alejandro Sanches de Miguel, salah satu peneliti mengatakan, "Karena semua kota mengganti pencahayaan yang lebih tua, kita semua terpapar ke tingkat cahaya biru yang lebih tinggi, yang bisa mengganggu jam biologis kita. Tapi kita masih harus melakukan penelitian lanjutan dan mencari tahu kebenarannya. Kita harus benar-benar melakukan penyelidikan detail tentang bahaya cahaya biru pada gadget untuk kesehatan."

Dari penelitian ini, para ahli menyarankan agar masyarakat memperbaiki pola hidupnya dan mencegah adanya paparan cahaya khususnya cahaya gadget saat tidur atau istirahat malam. 


(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top