Sabtu, 21 April 2018 |
Hukum

Bagi Hasil Belum Dibayar, KUD Dan Petani Tutup Jalan PKS PT TPIL

Sabtu, 24 Oktober 2015 14:06:13 wib
Petani Blokir Jalan ke Pabrik PT TPIL

JAMBIDAILY MUARATEBO-Sebagai protes karena dana bagi hasil kemitraan belum dibayar setelah beberapa kali pertemuan tak membuahkan hasil, akhirnya  Masyarakat petani dan pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Mitra Mandiri Lestari Ds Pelayang Kecamatan Tebo Tengah dan KUD Usaha Bersama Ds Teriti Kec Sumay, memblokir jalan keluar maupun masuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Tebo Plasma Inti Lestari (PT.TPIL).

Pemblokiran jalan keluar maupun masuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Tebo Plasma Inti Lestari (PT.TPIL) didesa pelayang kecamatan Tebo Tengah dengan cara menggembok portal dengan rantai, akibatnya sejumlah mobil pengangkut TBS terpaksa tidak bisa masuk.

"Ya sudah beberapa kali kita sama PT.TPIL duduk bersama membahas penyelesaian pembayaran hasil pola kemitraan milik petani sampai sekarang belum juga dibayarkan,"jelas pengurus  KUD Usaha Bersama, Desa Triti Kecamatan Sumay, saat dikonfirmasi jambidaily.com, terkait pemblokiran jalan tersebut pada pukul 15.30 WIB, Jumat sore (23/10) itu.

Selain soal petani dan KUD, karyawan PT TPIL pada bulan oktober ini belum menerima gaji. Biasanya gaji tersebut diterima awal bulan.  Bahkan bukan itu saja PT TPIL juga melakukan pengurangan objek kerja selain bisa mengurangi penghasilan karyawan setiap bulannya, penghasilan peserta pola mitra petani untuk proses panen tidak tercapai secara keseluruhan, tambahnya.

"Sebelumnya pihak KUD kerap kali melakukan koordinasi dengan pihak PT TPIL tapi tidak ada kepastian.  Mereka selalu memberikan harapan dan janji palsu.  Makanya kami sepakat akan menutup kegiatan perusahaan sebelum ada penjelasan dari pihak perusahaan,"tegasnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, pihak manajemen PT.TPIL, Togar.S,  belum dapat dikonfirmasi.(jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top