Minggu, 19 Agustus 2018 |
Peristiwa

Bahagia Sambut Ramadhan 1438 H, Zola Syukuran Dan Doa Bersama

Kamis, 25 Mei 2017 21:14:35 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola menggelar syukuran dan doa bersama menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017

JAMBIDAILY PERISTIWA-Bahagia menyambut Ramadhan 1438 H/2017, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA beserta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengadakan Syukuran dan Doa Bersama.

Gelaran kegiatan sebagai ungkapan rasa bahagia dan syukur tersebut dilaksanakan di  Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (24/05/2017) sore, bersama Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Danrem042/Garuda Putih, Kolonel Infanteri Reflizar,dan unsur Forkompida Provinsi Jambi, serta undangan lainnya.

Zola mengatakan bahwa acara tersebut sudah menjadi tradisi yang dilaksanakanya setiap tahun menjelang Ramadhan.

"Kehadiran kita semua di sini adalah untuk menyambut bulan suci ramadhan yang tinggal dalam hitungan hari saja, kita sudah memasuki bulan suci ramadhan,"ungkap Gubernur.

Sebagai muslim, dengan penuh rasa syukur dan kegembiraan yang luar biasa, menyambut datangnya bulan suci ramadhan, bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT.

"Kita patut bersyukur, karena ini merupakan anugerah yang mungkin tidak dapat dirasakan nikmatnya oleh semua manusia," kata Zola.

Gubernur mengajak umat islam agar menggunakan waktu di bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT sebanyak-banyaknya, jangan menjadi hamba Allah SWT yang merugi, serta hanya mendapatkan rasa haus dan rasa lapar selama bulan suci ramadhan.

"Kita belum tentu lagi dapat merasakan bulan ramadhan yang akan datang karena ini semua merupakan rahasia dari Allah SWT. Oleh sebab itu, pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ibadah kita,"himbaunya.

Disebutkannya, selain untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan, acara ini juga diadakan untuk saling bersilahturahmi dan berjabat tangan.

"Terkadang kita terlalu sibuk dengan aktivitas kita sehari-hari sehingga silahturahmi ini terlupakan. Semoga dengan acara ini, kita bisa berjabat tangan dan memperkuat silahturahmi kita, seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT," tutur Zola.

Acara dilanjutkan dengan membaca surah yasin dan tahlil bersama serta mendengarkan tausiah singkat dari Ustadz H.Wahyudi Awahab,S.Ag,M.Phil.

Dalam tausiyahnya, Ustadz H.Wahyudi Awahab, menyampaikan, dalam sebuah kitab pernah dijelaskan, Allah SWT memberikan penjelasan tentang kemuliaan-kemuliaan umat Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT memberikan umat Nabi Muhammad SAW dengan 2 (dua) cahaya dan penerang yaitu cahaya ramadhan dan cahaya Al Qur'an, yang bisa menerangi mereka dari 2 (dua) bencana kegelapan yaitu kegelapan kubur dan kegelapan hari kiamat.

"Orang yang mendapatkan cahaya ramadhan adalah orang yang setiap detik di bulan ramadhan tidak pernah berhenti dirinya beribadah kepada Allah SWT," tutur Ustadz Wahyudi.

Ustadz Wahyudi menjelaskan, dalam sebuah hadist pernah dijelaskan, siapa pun orang yang menggembirakan hatinya menyambut bulan suci ramadhan maka diharamkan jasadnya terhadap api neraka, tapi menggembirakan dalam menyambut bulan suci ramadhan untuk menghias setiap detik bulan suci ramadhan dengan kegiatan ibadah kepada Allah SWT.

"Orang yang mendapatkan cahaya Al Qur'an adalah orang yang memuliakan dirinya, kehidupannya dan menghiasi rumahnya dengan bacaan bacaan Al-Qur'an," ujar Ustadz Wahyudi.

Lebih lanjut, Ustadz Wahyudi mengatakan, hendaknya semangat dalam menghias bulan suci ramadhan dengan kegiatan ibadah kepada Allah SWT ini terjaga dan terpelihara sepanjang kehidupan setelah selesainya bulan suci ramadhan. "Kalau kita berniat menghias bulan suci ramadhan dengan ibadah kepada Allah SWT, Insya Allah kita akan menjadi orang yang bahagia di alam dunia dan bahagia di alam akhirat nantinya,"pungkas Ustadz Wahyudi.(*)

Laporan   : Richi/Mustar Hutapea (HMS)
Foto        : Agus Supriyanto

 

KOMENTAR DISQUS :

Top