Kamis, 05 Desember 2019 |
Hukum

Bakamla RI/IDNCG dan BNN Kolaborasi Tangani Tindak Pidana Narkotika di Laut

Kamis, 21 November 2019 12:04:14 wib

JAMBIDAILY BATAM - Guna meningkatkan profesionalitas dan kompetensi aparat penegak hukum dalam menjaga keamanan dan keselamatan negara dari bahaya narkoba, Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melaksanakan Latihan Bersama Penanganan Tindak Pidana di Laut yang dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan yang resmi dibuka Senin (18/11) oleh Direktur Latihan Laksamana Pertama Bakamla Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., ini berlangsung selama 5 hari. Diikuti 30 orang peserta gabungan dari Bakamla RI/IDNCG, seperti Kantor Kamla Zona Maritim Barat, SPKKL Batam, Pangkalan Armada Barat, dan ABK KN Bintang Laut-401. Personel dari BNN juga turut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini.

Salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pelatihan, adalah tes urine bagi seluruh peserta. Tidak hanya menujukkan hasil tes yang secara cepat dapat disajikan, personel BNN juga mempraktekkan bagaimana cara melakukan tes urine dengan cepat dan tepat.

Di sisi lain, personel Bakamla RI/IDNCG melakukan simulasi cara melumpuhkan tersangka. Teknik yang diperlihatkan adalah teknik seizure, yang mengajarkan cara menggeledah dan mengamankan tersangka. Teknik ini diperkenalkan agar meminimalisir adanya kemungkinan tersangka melukai petugas.

Pada dasarnya, kegiatan ini dilakukan untuk menyinergikan Bakamla RI/IDNCG dan BNN dengan instansi terkait lainnya, dalam upaya penanganan tindak pidana penyeludupan narkoba.

Selama kegiatan, peserta akan mendapatkan materi-materi dari sejumlah narasumber yang merupakan pakar dalam bidang penegakan hukum tindak pidana maritim, yang di antaranya Kassubdit Pengawasan Tahanan Dit. Wastahti BNN Supriyadi Bc.IP., S.H., Penyidik Direktorat Narkotika BNN AKBP. Habi Kusno, S.H., M.H., Kasubid Pengujian BNN Carolina Tonggo Marisi Tambunan, S.Si., M.Si., Petugas Penyidik BNN AKP Henis Setia, S.H., dan Sugiarti, S.H.

Selain materi di kelas, peserta juga nantinya akan melaksanakan latihan simulasi penanganan tindak pidana di laut menggunakan unsur KN Bintang Laut-401.

KOMENTAR DISQUS :

Top