Selasa, 21 Januari 2020 |
Ekonomi

Bandara Sultan Thaha Segera Fungsikan ILS

Selasa, 27 Desember 2016 14:37:03 wib
Landasa Pacu Bandara Sultan Thaha Jambi

JAMBIDAILY EKONOMI-Mengantisipasi hambatan pendararatan pesawat jika terjadi kabut, Bandara International Sultan Thaha Jambi segera mengoperasikan alat bantu pendaratan atau Instrumen Landing System (ILS).

“Jika tidak ada halangan, tanggal 9 januari 2017 mendatang akan uji coba kalibrasi.  Mengingat padatnya jadwal uji coba diseluruh bandara indonesia, Jambi mendapat bagian tanggal 9 januari,"ungkap Kepala AirNav, baru ini, terkait hal tersebut.

Dijelaskannya, Jika sudah memenuhi persyaratan pasca uji coba kalibrasi, maka pada akhir Januari 2017 mendatang ILS Bandara Sultan Thaha akan segera beroperasi secara resmi.

"Itu artinya untuk mendaratkan pesawat di bandara ini, cukup dengan jarak pandang 250 meter sudah bisa mendarat. Dimana sebelumnya, untuk mendaratkan pesawat tanpa bantuan ILS, harus memiliki jarak pandang minimal 850 meter,"jelasnya.

Pemasangan ILS ini merupakan salah satu perhatian dan perjuangan Anggota DPR RI Dapil Jambi, HA Bakri HM SE, karena kondisi yang dialami Jambi pada 2015 lalu, penerbangan "Lumpuh" karena kondisi kabut asap dan bandara Sultan Thaha tidak memiliki ILS tersebut.

Akibatnya, banyak kegiatan masyarakat terganggu. Dan memaksa para penumpang jambi mendarat di Palembang dan Padang.

Atas kondisi tersebut, HA Bakri mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melengkapi bandara dengan perangkat ILS.  Dan atas komunikasi dan "Loby-loby" yang intens, akhirnya pada awal 2016 lalu pembangunan ILS tersebut dapat dianggarkan.

"Kita berharap tidak ada lagi musibah kebakaran hutan.  Jika dikemudian hari masih ada musibah kebakaran yang menimbulkan asap pekat, tidak mengganggu penerbangan di jambi yang merupakan salah satu penggerak perkonomian,"harap anggota Komisi V DPR RI ini.(*/Rilis)

 

Editor  : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top