Jumat, 03 April 2020 |
Ekonomi

Bank Indonesia Launching QRIS untuk Mempermudah Jamaah Sedekah di Masjid

Senin, 09 Maret 2020 17:15:07 wib

JAMBIDAILY EKONOMI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi launching di 3 masjid di Kota Jambi, merupakan Hari pertama pelaksanaan Pekan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Nasional, 9-15 Maret 2020

Launching QRIS diawali di Masjid At Taufik, Thehok pukul 10.45 oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Bayu Martanto. Dilanjutkan di Masjid Jami’ As Sa’adah Thehok menjelang Salat Zuhur dan Masjid Miftahul Huda Pasir Putih menjelang waktu Salat Ashar.

"Manfaat QRIS ini untuk memudahkan jamaah bersedekah dan berinfak hanya menggunakan handphone," ujar Bayu, Senin (9/3/2020). Hadir saat launching di Masjid At Taufik yakni Branch Manager Bank Mandiri Syariah Emir Syafial, pengurus Masjid At Taufik, jamaah masjid, dan lainnya.  

BI sendiri, kata Bayu, akan terus melakukan sosialisasi, termasuk di perguruan tinggi, pasar tradisional hingga UMKM di Jambi hingga hari puncak pelaksanaan Pekan QRIS Nasional 2020 pada 15 Maret mendatang "Kita akan gelar acara pada saat Car Free Day nanti di depan kantor BI, untuk perkenalkan ke masyarakat apa itu QRIS," ujarnya.

Dikatakannya, bagi siapa saja yang ingin punya QRIS, sudah ada puluhan bank di Jambi yang bisa memberikan id untuk itu. Perbankan atau penyelenggara jasa sistem pembayaran akan membantu masyarakat bilamana ingin punya rekening dan bisa bertransaksi langsung menggunakan QRIS.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Masjid At Taufik mengucapkan terima kasih atas diluncurkannya QRIS di masjid AT Taufik sehingga memudahkan jamaah untuk bersedekah "Program ini mudah-mudahan berjalan sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Untuk diketahui, QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Setiap penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan QRIS. Ini diatur dalam ketentuan BI dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Adanya QRIS juga diklaim sebagai salah satu pelaksanaan Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025. BI sendiri mengusung tema semangat UNGGUL, yakni UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung) dari adanya QRIS ini. Harapannya dengan adanya QRIS, transaksi pembayaran bisa lebih efisien atau murah, inklusi keuangan di Indonesia lebih cepat, UMKM bisa lebih maju, dan pada akhirnya bisa dorong pertumbuhan ekonomi.

Makna QRIS itu adalah:

  • Universal, yakni QRIS bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan bisa digunakan buat transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.
  • Gampang, yakni masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.
  • Untung, yakni transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.
  • Langsung, yakni transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.(*)

KOMENTAR DISQUS :

Top