Kamis, 27 Juni 2019 |
Ekonomi

Bank Indonesia Perwakilan Jambi, Optimis Pertumbuhan Ekonomi Jambi 2018 Lebih Baik

Selasa, 18 Desember 2018 15:26:52 wib
Ilustrasi kota Jambi/Foto: en.wikipedia.org

JAMBIDAILY EKONOMI - Siaran pers Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2018 yang telah dilaksanakan (Selasa, 18/12/2018) di Swissbel Hotel Kota Jambi, Optimis Pertumbuhan Ekonomi Jambi 2018 Lebih Baik, lengkapnya sebagai berikut:

  1. Sampai dengan Triwulan III-2018, perekonomian Provinsi Jambi menunjukkan path pertumbuhan yang semakin positif dibandingkan tahun 2017. Dalam 3 (tiga) kuartal terakhir, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi terus meningkat, yang pada Triwulan III-2018 mencapai 4,77% (yoy). 
  2. Perkembangan positif tersebut disokong oleh meningkatnya permintaan eksternal dan harga komoditas energi primer seperti minyak mentah dan batubara yang cukup tinggi selama tahun 2018. Secara sektoral, perkembangan tersebut tercermin dari peningkatan kinerja lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang merupakan salah satu sektor unggulan Provinsi Jambi.  
  3. Peningkatan sektor pertambangan dan penggalian sejalan dengan kenaikan nilai ekspor Provinsi Jambi selama tahun 2018. Sampai dengan Oktober 2018, secara kumulatif (10 bulan), perkembangan ekspor Provinsi Jambi mencatat pertumbuhan 15,90% (yoy) dibandingkan tahun 2017. Selanjutnya pada periode akhir tahun, negara-negara di kawasan Amerika, Eropa dan sebagian Asia akan memasuki musim dingin sehingga kebutuhan bahan bakar minyak dan batu bara diperkirakan akan naik signifikan.
  4. Permintaan komoditas kelapa sawit juga diproyeksikan meningkat disebabkan oleh naiknya kebutuhan produksi biofuel ditengah harga migas yang relatif tinggi. Selain itu, akibat perang dagangnya dengan Amerika Serikat, Tiongkok telah menaikkan bea impor minyak kedelai Amerika Serikat dan menyebabkan negara tersebut beralih ke minyak kelapa sawit untuk pengganti minyak kedelai. 
  5. Dengan perkembangan tersebut, untuk tahun 2018 ini KPw BI Jambi cukup optimis bahwa laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi Triwulan IV-2018 akan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya atau berada pada kisaran 4,84-5,24%(yoy) sehingga secara total pertumbuhan ekonomi tahun 2018 akan berada di kisaran 4,59-4,99% (yoy). 
  6. Namun demikian, terdapat beberapa risiko yang dapat menekan laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dalam beberapa periode ke depan yaitumeningkatnya ketegangan perdagangan global, penurunan ekonomi Tiongkok sebagai salah satu negara tujuan utama ekspor Provinsi Jambi, pergerakan pasar komoditas migas dan batu bara yang fluktuatif, tarif impor kelapa sawit yang tinggi oleh beberapa negara tujuan ekspor termasuk kampanye negatif mengenai deforestasi kebun sawit.
  7. Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2019 diperkirakan meningkat. Pertumbuhan tersebut didukung oleh permintaan komoditas migas dan batu bara yang diperkirakan masih cukup tinggi pada tahun 2019. Selain itu, kebijakan pemerintah terkait kewajiban biodiesel B20 dan percepatan implementasi B30 akan mendorong perbaikan kinerja sektor perkebunan (kelapa sawit). Sementara, kebijakan fiskal yang direncanakan pemerintah pada tahun 2019 (a.l. kenaikan gaji PNS, kenaikan besar bantuan PKH, peningkatan Dana Desa) akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dari sisi pengeluaran.

 

Sumber: Rilis BI Perwakilan Provinsi Jambi

 

 

 

Berita Terkait:
BI Jambi Merilis Bahwa Inflasi Provinsi Jambi tahun 2018 Berada dikisaran 3 Persen

KOMENTAR DISQUS :

Top