Sabtu, 26 Mei 2018 |
Ekonomi

Baru Punya Buah Hati, Begini Cara Atur Keuangan yang Baik dan Tepat

Minggu, 15 April 2018 08:37:56 wib
Copyright: thinkstockphotos.com

JAMBIDAILY EKONOMI - Saat memiliki buah hati tentu kehidupan akan berubah termasuk di sektor keuangan. Dulu, sebelum punya anak kamu tak punya alokasi dana untuk si kecil. Namun, setelah melahirkan tentu akan ada perubahan yang cukup signifikan.

Nah, berikut ini ada tips keuangan yang bisa kamu ikuti agar sistem keuangan dalam rumah tangga berlangsung dengan baik. Check this out Ladies.

1. Masukkan biaya kebutuhan si kecil dalam budget bulanan
Tuliskan kebutuhan si kecil agar kamu tak kaget. Idealnya dana buat kebutuhan-kebutuhan tambahan ini harus disiapkan sejak sebelum kelahiran si kecil. Jadi, saat si kecil sudah hadir, kamu tak perlu bingung lagi memikirkan kebutuhan tersebut. 

2. Siapkan dana darurat rutin khusus untuk sang buah hati
Tak ada orangtua yang ingin anaknya sakit. Walaupun demikian kamu tetap wajib menyisakan dana darurat jika si kecil jatuh sakit. Kamu bisa sisihkan sekitar 5 persen dari 10 persen dana darurat yang biasa dialokasikan setiap bulan. Jadi, saat perlu ke dokter, kamu tidak perlu bingung karena kekurangan dana atau keuangan terganggu.

3. Jangan tunda untuk lunasi utang
Jika kamu memiliki hutang maka maksimalkan untuk segera melunasinya terlebih dahulu agar tak terasa berat. Mumpung si kecil masih belum perlu banyak hal, seperti biaya sekolah dan sebagainya. Saat kamu baru jadi orangtua, ini waktu tepat untuk tidak menunda-nunda melunasi utang.  

4. Tabungan pendidikan anak
Biaya pendidikan merupakan salah satu biaya terbesar yang harus siap dihadapi dan akan naik setiap tahunnya. Kamu wajib menyiapkan biaya pendidikan untuk anak dari sekarang. Dengan begini nanti kamu tak akan terlalu berat dalam membayar biaya sekolah si kecil. Selain tabungan pendidikan, kamu bisa siapkan dana tersebut dengan cara berinvestasi, misalnya emas dan properti yang diharapkan mampu menyamai persentase kenaikan biaya pendidikan anak.

5. Asuransi
Kamu juga bisa meningkatkan asuransi demi kesejahteraan kehidupan dan masa depan si kecil. Segera perbarui data di polis asuransi dengan tanggungan baru. Hal ini sangat berguna untuk berjaga-jaga bila kondisi darurat terjadi.

Nah Ladies, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya. Nantikan tips keuangan cermat lainnya hanya di Vemale.com.

Sumber: Liputan6.com

 

(vem/ivy)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top