Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Politik

Bawaslu Bersama Mitra Kerja dan Organisasi Wartawan di Jambi Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman

Jumat, 05 Oktober 2018 14:19:27 wib

JAMBIDAILY POLITIK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi bersama mitra kerjanya yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) lakukan rapat koordinasi kerja sama dan penandatanganan Nota kesepahaman di Swisbell Hotel kota Jambi (Jum'at, 05/10/2018).

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Asnawi menyampaikan ucapan terima kasih dan semua elemen terkait pemberitaan berkomitmen untuk tertib dan mematuhi aturan yang berlaku 

"Terima kasih kepada semua mitra kerja bawaslu dan semua media yang hadir bahwasanya teman-teman media punya semangat yang sama agar penyelenggaraan kampanye di Pemilu 2019 ini berlangsung baik," Ucap Asnawi.

"Bawaslu, KPU dan semua elemen terkait dengan pemberitaan berkomitmen untuk mengatur soal kejahatan kampanye iklan, cetak dan berharap agar kita semua tertib mematuhi aturan-aturan yang berlaku," Harapnya menambahkan.

Selain itu Ketua KPU H M Subhan S.Ag MH, menekankan pada pemaparannya tentang masa kampanye yaitu dimulai dari 3 hari setelah keluarnya Daftar Calon Tetap (DCT).

Ketua KPID Arif Usman SH menegaskan apabila ditemukan pelanggaran terhadap media maka akan diberikan sanksi administrasi dan sanksi berat pencabutan izin penyiarannya.

Kemudian ketua organisasi-organisasi wartawan yang turut hadir dalam rapat koordinasi ini seperti PWI, AJI dan IJTI berkomitmen menjaga kode etik dan peran media.

"Bahwasanya tujuan dari kegiatan ini adalah agar terciptanya demokrasi yang baik dan PWI juga mendukung aturan yang telah ditetapkan dalam pemberitaan media," Ungkap Sekjen PWI Jambi, Hery FR.

"Insan pers untuk kembali lagi kepada kode etik jurnalis dan jurnalis harus independen dan netral dalam pemilu," Tutur Ketua AJI Jambi, Ramond EPU.

"Sesuai surat edaran Dewan Pers bagi teman-teman jurnalis yang maju di legislatif harus mengundurkan diri dari organisasi IJTI," Ujar Ketua IJTI Jambi, Nugroho Kusumawan.

 

Penulis: Arwin Syaputra
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top