Sabtu, 18 Januari 2020 |
Ekonomi

Baznas Merangin Salurkan Bantuan Rp 330 Juta

Minggu, 12 Juni 2016 14:42:23 wib
Bupati Merangin H Al Haris menyerahkan dana Baznas secara simbolis

JAMBIDAILY EKONOMI-Ramadhan 1437 H/2016, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merangin telah menyalurkan dana sebesar Rp 330.387.891.  Dana yang dikumpulkan selama setahun itu, disalurkan kepada 1.521 orang mustahik.

‘’Jangan dilihat dari besar dan kecilnya dana yang diterima. Paling tidak ini merupakan perhatian pemerintah kepada warga kurang mampu,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris, saat memberikan dana tersebut secara simbolis, Sabtu 11 Juni 2016, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, untuk Kecamatan Bangko, Bangko Barat, Batang Masumai dan Nalotantan.  Jumlah keseluruhan penerimanya sebanyak 228 orang tidak mampu.

Sedangkan untuk menyalurkan dana Baznas ke kecamatan lainnya, akan dilakukan petugas Baznas langsung ke kecamatan masing-masing.

‘’Sampai Ramadan ini, pegawai negeri sipil di jajaran Pemkab Merangin yang membayar zakar melalui Basnas baru mencapai 16,45 persen,’’ujar Bupati pada acara yang dihadiri Forkopimda Merangin tersebut.

Bupati memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Baznas Kabupaten Merangin, yang telah melakukan tugasnya dengan baik, sehingga penyaluran dana untuk orang-orang tidak mampu ini bisa terwujud.

‘’Pengurus Baznas telah melakukan tugasnya dengan iklas, tanpa imbalan. Semoga amal ibadah para pengurus Baznas  ini diberikan ganjaran yang berlimpah oleh Allah SWT. Kepada para penerima berterimakasihkan kepada pengurus Baznas,’’terang Bupati.

Sebenarnya lanjut bupati, kalau seluruh pegawai negeri sipil sepakat 2.5 persen dari gajinya dipotong untuk zakat, maka akan terkumpul sekitar Rp 500 juta perbulan.  Mulai bulan depan, bupati  mengintruksikan wajib kepada bendahara untuk menarik zakat pegawai dan  menyerahkan laporan dana yang ditarik ke Baznas.

‘’Seluruh kepala dinas di jajaran Pemkab Merangin wajib mengkoordinir dinasnya, karena dana ini untuk keperluan ummat Muslim yang tidak mampu di Kabupaten Merangin Dana ini sangat dibutuhkan orang tidak mampu.

Dimana sambung bupati di hari baik bulan baik ini bisa untuk membatar zakat fitrah dan untuk keperluan yang penting lainnya. Program Baznas ini merupakan  upaya Pemerintah untuk mengumpulkan sebagian harta para pegawai negeri sipil untuk sesama.


Penulis    : Teguh
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top