Minggu, 18 Agustus 2019 |
Hukum

Bea Cukai Pusat Rekomen Pencabutan Izin Operasional Vsop Cafe, Kemana Pemkot Jambi,?

Senin, 11 Februari 2019 23:45:32 wib
Saat Tim Bea Cukai Pusat Lakukan Razia (Rabu, 06/02/2019)/Foto: Ist

JAMBIDAILY HUKUM - Terkait hasil temuan dari Giat Bea Cukai Pusat, bahwa Vsop Cafe and Lounge diduga belum memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) dan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC).

Aprilianto, Ketua Tim penindakan Bea Cukai pusat yang turut melaksanakan razia (Rabu, 06/02/2019), menguatkan dugaan bahwa Vsop memang terbukti tidak mempunyai izin mengedarkan MMEA (Minuman Mengandung Etil Alkohol) dan itu adalah pidana.

"Ini sepertinya lanjut ke arah pidana karena tidak mempunyai izin dan mengedarkan MMEA ilegal," Jelasnya Kepada jambidaily.com (Senin, 11/02/2019).

Hal tersebut juga dikuatkan oleh Fahmi Sabki selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) mengakui bahwa Vsop Cafe belum memiliki SIUP-MB dan NPPBKC.

“Benar,” Jawab Fahmi singkat, kepada jambidaily.com (Kamis, 07/02/2019).

Maka dari penjelasan Aprilianto terkait pelanggaran yang ditemukan, tentunya bisa menjadi rekomendasi bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam hal ini kota Jambi untuk mencabut izin.

"Ini bisa dijadikan rekomendasi ke pemda untuk mencabut izin daerah nya," Tegas Aprilianto.

Disamping itu, Aprilianto lewat pesan WhatsApp beberkan, Setiap orang yang menjalankan kegiatan usaha sebagai pengusaha pabrik, pengusahan tempat penyimpanan, importir barang kena cukai, penyalur atau pengusaha tempat penjualan eceran tanpa memiliki izin dikenai sanksi administrasi berupa denda paling sesdikit Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp.200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).

"itu sebagaimana diatur dalam pasal 14 ayat (7) UU Nomor 39 tahun 2007 tentang perubahan UU Nomor 17 tahun 1995 tentang cukai," Urai Aprilianto.

Menariknya, Vsop Cafe and Lounge yang berada di Jalan Halim Perdana Kusumah, RT 08, Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, tepat pada 3 november 2018 telah berusia 2 Tahun beroperasional tentunya akan menjadi pertanyaan tersendiri. Lantas timbul pertanyaan, kemana Pemerintah Kota Jambi dan Instansi Terkait,?


(Hendry Noesae)

 


Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top