Sabtu, 20 Januari 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Benahi Adminduk, Dukcapil Sarolangun Siapkan "Jalur Khusus"

Jumat, 01 Januari 2016 14:45:51 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY IPTEK-Membenahi pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk),  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun, sediakan "Jalur Khusus".

Menurut Kabid Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Disdukcapil Sarolangun, Abu Nawas SH, mengatakan, pelayanan harus sesuai SOP namun ada jalur pintas sesuai kebutuhan (jalur khusus-red).

“Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kepenguruan dokumen identitas kependudukan, akte serta kartu keluarga sesuai SOP yakni 14 hari kerja. Namun kita berusaha untuk lebih cepat dari standar waktu yang telah ditetapkan,"jelasnya, kemarin, kepada sejumlah awak media.

Namun, jalur khusus yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan mendesak, seperti, kepengurusan kecelakaan, BPJS meninggal dunia.

"Itu merupakan kebutuhan yang sangat mendesak,’’ jelasnya terkait jalur khusus di Disdukcapil Sarolangun.

Menghindari terhapusnya data masyarakat dari sistem Adminduk yang terkoneksi dengan server pusat, masyarakat diingatkan untuk tidak mengubah data Adminduk saat pengurusan seperti Kartu Keluarga (KK), elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau data diri lain.

Semakin tingginya pengurusan Adminduk di kantor Disdukcapil Sarolangun, semakin meningkat pula kesadaran masyarakat dalam mengurus Adminduk.

"Masyarakat harus segera mengurus dokumen kependudukan mereka. Karena itu merupakan hal penting.  Setiap urusan tentunya memerlukan dokumen kependudukan,"himbaunya.

Sedangkan terkait adanya data ganda dalam Adminduk seperti nama, tempat, tanggal bulan dan tahun lahir, enam bulan sekali, secara otomatis akan terhapus.  Nomor Induk Kependudukan (NIK) dimiliki setiap Warga Negara Indonesia (WNI), sama dengan nomor sasis kendaraan.

“Sebab itu, Disdukcapil menghimbau masyarakat saat ada yang pindah antar kabupaten atau kota ataupun provinsi, maka NIK juga harus dipindahkan ke daerah tempatnya pindah,’’pungkasnya.(jambidaily.com/AJI)

KOMENTAR DISQUS :

Top