Sabtu, 25 Mei 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Berantas Buta Aksara Al Qur'an, 1.400 Siswa Akan Dilakukan Bimbingan

Rabu, 30 Maret 2016 22:29:33 wib
Siswa Baca Al Qur'an (ft: Arrahmah.com/google.co.id)

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Pemkab Batanghari menaruh perhatian khusus untuk memberantas buta aksara Al Qur'an melalui bimbingan bagi siswa akhir SD dan SMP.

Melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Batanghari, dialokasikan 1400 siswa SD kelas 6 SD dan SMP Kelas III, akan diikutkan dalam bimbingan baca tulis Al Qur'an secara bertahap yang dibagi beberapa angkatan.  Setiap angkatan akan diikuti 300 peserta.

Untuk pelatih, kita akan melibatkan Qori' dan Qori'ah asal Batanghari yang pernah mengikuti perlombaan MTQ, bbaik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional.

"Dimaksudkan agar anak lebih termotivasi lagi untuk belajar baca tulis alquran.  Target yang ditetapkan bisa baca tulis saja.  Sementara daerah lainnya, seperti Padang, mereka diwajibkan untuk khatam Alquran jika ingin melanjutkan pendidikan ke jejang yang lebih tinggi.  Kita belum mempersyaratkan untuk pendidikan lanjutan,"papar Kabag Kesra Setda Batanghari, Bustomi, Selasa 29 Maret kepada jambidaily.com.

Itupun program ini baru dapat dilaksanakan di Kecamatan Muara Bulian.

"Sementara baru bisa di Muara Bulian.  Kecamatan lain akan akan menyusul kemudian. Sembari melaksanakan pelatihan dan bimbingan, kami juga melakukan pendataan jumlah buta aksara Al-Qur'an untuk meng-update dan validasi data anak buta aksara Al Qur'an.

"Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan Perda 17 tahun 2013 tentang kewajiban mampu membaca tulis alquran dan mengerjakan shalat. Namun sejauh ini belum dilaksanakan, padahal Perda ini sudah ada sejak 2013 lalu,"pungkas Bustomi.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top