Kamis, 21 Februari 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Berhenti Bercinta Sekian Lama? HaI Buruk Ini Yang Terjadi Padamu

Sabtu, 19 Agustus 2017 08:14:11 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY INTIM/KESEHATAN-Ketika menikah, secara alami kamu akan memiliki aktivitas seksual yang aktif dengan suami. Namun terkadang kesibukan atau perceraian bisa membuatmu mengurangi hubungan seksual. Pada akhirnya kamu kurang aktif secara seksual dan berhenti bercinta. Ternyata hal ini punya efek mengejutkan untuk tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2001 menemukan, ketika dulu kamu aktif secara seksual kemudian berhenti sama sekali, kamu mudah sekali mengalami stres, kecewa, depresi dan berbagai emosi negatif lainnya. Ini hal lain yang akan terjadi pada tubuhmu.

Imun tubuh rendah, lebih rentan terserang penyakit
Aktivitas seksual sangat erat kaitannya dengan peningkatan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Karena bercinta juga memicu pelepasan hormon bahagia, tubuh jadi lebih kuat menahan serangan penyakit.

Libido turun drastis dan mudah stres
Karena tidak pernah bercinta lagi, kamu juga merasa kurang bergairah. Kurangnya hormon kebahagiaan yang dilepaskan ke dalam tubuh karena aktivitas seksual sangat bisa membuatmu cepat marah, stres dan mengalami tekanan darah tinggi.

Pria lebih rentan alami ejakulasi dini
Parahnya, untuk seorang pria, berhenti bercinta bisa membuatnya lebih rentan mengalami disfungsi seksual seperti ejakulasi dini dan bahkan mengembangkan penyakit kanker prostat.

Lemahnya kesehatan kardiovaskuler
Bercinta yang baik mampu meningkatkan aktivitas kardiovaskuler, namun ketika kamu berhenti, kesehatan kardiovaskuler juga melemah karena tubuh kehilangan aktivitas pemacu pelepasan hormon dan aerobik.

Jadi kurang cerdas
Hormon yang dilepaskan saat bercinta berpengaruh besar untuk tubuh, termasuk terhadap ingatan dan kecerdasan. Peneliti menemukan bahwa aktivitas seksual mampu meningkatkan pertumbuhan neuron di dalam hippocampus otak.

Jadi, jangan sampai kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga mengabaikan waktu bercinta dengan suami ya! Atau jika memang kamu bercerai, usahakan kamu mengganti aktivitas seksual dengan hal-hal yang lebih positif dan mendatangkan kebahagiaan.

(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top