Kamis, 15 November 2018 |
Nasional

Berkunjung ke Tanjabtim, Moeldoko Didampingi Bupati Romi Panen Raya Jagung

Kamis, 01 November 2018 21:34:32 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Kepala Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Jend TNI (purn) Moeldoko dan jajarannya Kamis (1/11) berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Moeldoko yang merupakan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) didampingi Bupati Kabupaten Tanjabtim, H. Romi Hariyanto melakukan panen raya jagung, di Desa Karya Bakti, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjabtim.

Jagung tersebut, merupakan teknologi budidaya jenuh air yang ditanam di lahan pasang surut, dengan luas lahan 120 hektare.

Selain melakukan panen raya jagung, Moeldoko melakukan penandatangan kerjasama MoU antara IPB, PT FKS dan HKTI.

Moeldoko mengatakan, panen raya jagung kali ini merupakan pilot project di atas lahan marginal 120 hektare. Lahan ini sudah 15 tahun ditinggalkan petani

"Tanjabtim menjadi pilot project di lahan pasang surut," ujar Moeldoko.

Dikatakanya, tanpa adanya sentuhan dari teknologi lahan pertanian diera saat ini tentunya tidak akan berhasil. Selain itu, kapital dan pemodalnya harus ada, serta yang mengoordinasikan.

"Teknologi ada, permodal ada, offer-nya ada. Dan salah satunya tempat koordinasi para petani HKTI ini," jelasnya.

Dengan demikian, diharapkan pemda akan muncul, periset juga akan muncul dan pemodal. Jika semua sudah berkalobarisi, diharapan bisa mengubah situasi.

"Kita juga akan memintakan benih kepada Menteri Pertanian. Untuk sesegera mungkin dikirim ke Tanjabtim," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, mengatakan pemerintah berterimakasih atas kunjungan Ketua Umum HKTI. Dia berharap apa yang disampaikannya dapat menambah semangat petani di Tanjabtim.

"Dengan kepedulian Ketum HKTI, kita harapkan ada perkembangan petani di Tanjabtim dan menambah semangat para petani," ujarnya.

Terkait fasilitas permodalan, bupati mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Secepatnya akan kita tindak lanjuti," kata Bupati.

Penulis : Hendri Rosta
Editor. : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top