Selasa, 18 Juni 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Biar Daging Kambing Nggak Bau dan Alot, Ini Lho Tipsnya!

Jumat, 01 September 2017 09:20:10 wib
Tips mengolah daging kambing./Copyright pixabay.com

JAMBIDAILY TIPS, Kuliner - Mengolah daging kambing memang ada triknya sendiri. Karena salah mengolahnya, daging kambing akan tetap bau dan juga alot. Kalau sudah begini, hidangan yang akan dibuat pun jadi kurang sempurna.

Terlebih ketika hari raya Idul Adha tiba. Kita akan mendapat cukup banyak daging kambing untuk diolah. Untuk memastikan daging kambing tidak bau juga tidak alot saat diolah, yuk ikuti tips-tips berikut ini.

Singkirkan Lemak dan Jangan Dicuci
Umumnya bau prengus daging kambing itu berasal dari lapisan lemak yang menempel. Jadi sebaiknya buang bagian lemaknya sebelum disimpan. Selain itu daging kambing nggak perlu dicuci. Dicucinya nanti ketika memang akan mengolahnya. Kalau dicuci lebih dulu kemudian disimpan, nantinya daging kambing bisa makin berbau.

Kalau Sudah Telanjur Dicuci, Taburi Garam
Kalau daging kambing sudah telanjur dicuci, coba taburi dengan garam untuk menetralkan aromanya. Taburi ke seluruh permukaan daging secara merata, diamkan dulu 1 jam baru nanti dicuci lagi ketika akan diolah. Atau bisa juga direbus dengan aneka rempah seperti jahe, serai, dan daun jeruk untuk menghilangkan aroma tidak sedapnya. Nanti ketika daging akan diolah lagi bisa langsung dimasak dengan tambahan bumbu lainnya.

Lumuri dengan Parutan Buah Nanas Muda atau Buah Pir
Siapkan parutan buah nanas muda. Gunakan untuk merendam daging kambing selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan baunya. Parutan buah pir juga bisa digunakan untuk melumuri dan merendam daging kambing agar nantinya bisa lebih lunak saat diolah.

Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk melunakkan dan menghilangkan bau amis serta membunuh bakteri pada daging kambing. Caranya cukup mudah. Tinggal lumuri daging kambing dengan air perasan jeruk nipis, diamkan sekitar setengah jam lalu masak seperti biasa.

Bungkus Daging Kambing dengan Daun Pepaya atau Daun Jambu Biji
Enzim dalam daun pepaya diyakini bisa membuat daging kambing jadi lebih empuk. Manfaatkan daun pepaya untuk membungkus daging kambing. Atau kalau tidak ada daun pepaya, kamu bisa juga pakai daun jambu biji atau daun jati untuk membungkusnya. Dengan cara ini, daging nantinya tidak akan terlalu alot atau berbau ketika akan diolah.

Itu tadi sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengolah daging kambing biar tidak berbau dan tidak alot. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top